Rabu, 01 September 2010

Gitar

Siapa tak kenal alat musik satu ini??alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar) yang bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar. Di sini kita akan membahas sedikit tentang Gitar.

Sejarah Gitar Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak Replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar, tetapi ada jaga yang mengatakan gitar dimulai jauh sebelum Masehi pada jaman Babilonia
  • Gitar berasal dari Guitarra Moresca yang merupakan instrumen dengan 4 pasang senar yang berbentuk oval.Instument ini terkenal abad ke-13
  • Guitarra Latina juga merupakan instrumen dengan 4 pasang senar dengan bentuk body yang kecil. Instrumen ini juga populer pada abad ke-13. Freatboardnya dibuat dari kayu tetapi sisanya menyerupai Guitarra Moresca.
  • Guittern merupakan instrumen dengan 5 pasang senar yang dimainkan dengan fingerpicking atau pick. Bentuknya seperti bentuk biola dan mempunyai bridge serta tailpiece yang bisa digerakkan untuk mengencangkan senar.
  • Vihuela De Mano berasal dari Spanyol dan merupakan instrumen dengan 6 pasang senar. Bodynya cukup besar,cikal bakal ukuran gitar sekarang.
Gitar terbagi menjadi 2 jenis,yaitu: 

*Gitar Akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis kayu akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.


Karateristik • Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi. • Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih. • Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. • Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.  



*Gitar Elektrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di body gitar yang biasa disebut "pick up". Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah sec ara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb ataupun distorsi.  

Beberapa Nama Perusahaan Gitar Terkenal  


1. Gibson


















Orville Gibs on (lahir 1856, Chateaugay, New York) mulai membuat mandolin di Kalamazoo, Michigan, Amerika Serikat. Muak dari bentuk, Orville Gibson menganggap mereka sebagai "bug potato".Gibson inovasi membuat khas, yang terdengar lebih gelap mandolin yang lebih mudah untuk memproduksi dalam jumlah besar. Orville Gibson's mandolin desain, dengan satu sisi yang diukir pieced dan satu-pieced leher, dipatenkan pada 1898; itu akan menjadi satu-satunya inovasi yang dipatenkan. Orville Gibson meninggal pada tahun 1918  

Perjalanan Gibson

Pada tahun 1902, Gibson Mandolin-Guitar Mfg Co, Ltd didirikan untuk memasarkan instrumen.Awalnya, perusahaan hanya memproduksi Orville Gibson desain aslinya. Menyadari perubahan tren, perusahaan mempekerjakan desainer Lloyd Loar pada 1919 untuk menciptakan instrumen baru. Selama tahun 1920-an Gibson bertanggung jawab atas banyak inovasi dalam desain gitar dan mandolin. Pada tahun 1922, Gibson model mandolin F5 diperkenalkan. Model khusus yang kemudian dikenal sebagai yang paling bluegrass mandolin. Gibson segera menjadi produsen terkemuka archtop gitar, terutama model L-5, juga desain Loar. Loar meninggalkan perusahaan pada tahun 1924. Pada tahun 1930, Gibson mulai mengeksplorasi konsep gitar listrik. Pada tahun 1936 mereka memperkenalkan pertama mere ka "Electric Spanish" model, ES-150. Perusahaan lain yang memproduksi gitar listrik tapi Gibson umumnya diakui sebagai yang pertama yang sukses secara komersial gitar listrik. Instrumen lain juga; seperti steel guitar, banjo dan mandolin.

Beberapa hasil produksi Gibson:  

ES (Electric Spanish)

Pada tahun 1930, Gibson m ulai mengeksplorasi konsep gitar listrik. Pada tahun 1936 mereka memperkenalkan pertama mereka “Electric Spanish” model, ES-150. Merupakan gitar pertama karya gibson dan menjadi cikal bakal gitar listrik selanjutnya. Memiliki beberapa variasi selama bertahun-tahun tetapi masih dalam produksi.  




Les Paul














Salah satu pencipta model gitar dia lahir dengan nama Lester William Polfuss 9 Juni 1915 adalah gitariz jazz amerika dan country dia adalah pelopor dalam pengembangan gitar listrik yang membuat suara khas dari Rock N Roll Ia dihormati dengen merekam banyak inovasi(dikenal juga sebagai suara dari suara) dan seperti tape delay phasing effect dan multitrack recording

Gitar pertama Paul yg dibuat di perusahaan gitar Epiphone "The Log" adalah salah satu gitar listrik pertama yg berbadan solid dan Leo Fender juga memasarkan produknya pada tahun 1946 dan setelah itu Paul mempromosikan gitar solidnya kepada Gibson Company tetepi Gibson Company masih kurang tertarik sampai pada akhirnya Fender memasarkan Stratocaster dan Telecasternya dan Gibson memasarkan produk Les Paul pada awal tahun 1950 model gitar Les Paul mulai terkenal saat Eric Clapton memainkanya beberapa tahun kemudian Paul menikah dengen Virginia Webb pada tahun 1938 dan melahirkan 2 anak Gene(Lester Jr) lahir pada 1941 dan Rusell (rusty) pada 1944 setelah itu mereka bercerai pada tahun 1949 dan pada akhir tahun Paul menikah dengan Mary Ford dan mengadopsi seorang gadis bernama Coleen pada tahun 1958 dan putra mereka Robert (Bobby) dan mereka juga melahirkan anak yg lahir prematur dan meninggal dalam usia 4 hari

Les Paul dan Mary Ford bercerai pada tahun 1963 Pada tahun 19 Agustus 2009 Paul mengembuskan nafas terakhir dia meninggal karena komplikasi setelah kematiannya banyak seniman/musisi yg mengekspresikan kesedihannya gitaris Velvet Revolver Slash memanggilnya "hidup dan penuh dengan energi positif",Gitaris U2 The Edge berkata, "warisan sebagai seorang musisi dan penemu akan hidup dan pengaruhnya terhadap rock and roll tidak akan pernah terlupakan."

Pada tanggal 21 Agustus 2009 Paul dikuburkan di Waukesha di Prairie Home Cemetery Dirancang oleh gitaris Les Paul, benda padat pertama gitar, yang disebut “Les Paul”, dirilis pada tahun 1952. The “Les Paul” ini ditawarkan dalam beberapa model, termasuk Custom, Standar, Khusus dan Junior. Kelebihan gitar ini selain memiliki sustain yang luar biasa,Fingerboard dan jarak antar fret yang kecil mempermudah kita mengekplorasi permainan melodi. Namun juga harus dibayar dengan berat 2 kali lipat dari gitar lainnya. Banyak dari gitaris rock yang memakainya,b ahkan menjadi gitar ini sebagai icon Sebut saja Jimmy Page(Led Zeppelin), Slash(Gun's and Rosses), Ash Frashley(Kiss), Angus Young(AC/DC) ,dan masih banyak lainnya.




SG (Solid Guitar) Pada tahun 1961 desain body yang “Les Paul” diubah, karena permintaan cutaway ganda pada desain body. Les Paul tidak peduli gaya body yang baru dan membiarkan penyimpangan dukungan, dan desain tubuh yang baru kemudian menjadi dikenal sebagai SG (Solid Guitar) Gitar ini cocok untuk lagu-lagu hard rock dan mungkin juga rock yang mengarah ke metal dan sedikit underground Memiliki sustain di atas rata-rata,jarak fret nya pun kecil.Bisa dibilang gitar ini merupakan saudara dekat Les Paul Beberapa gitaris terkenal yan g memainkan gitar ini seperti Frank Zappa, Tony Iommy dari Black Sabbath, Angus Young dari AC/DC,dll.


Flying V Adalah sebuah pemikiran eksentrik dari Gibson. Flying dengan ciri khas bentuk bodinya membuat banyak gitaris meliriknya.Dengan suara yang terdengar garang seorang Jim i Hendrix pun selalu memakainya dalam tiap aksinya.Flying V juga ditawarkan dalam beberapa model termasuk Custom, Standar, Khusus dan Junior. Salah satu penggunanya Flying V, adalah Rudolf Schenker & Michael Schenker(Scorpions),Jimi Hendrix, Kirk Hammet(Metallica)


Explorer Sama dengan saudaranya, gitar ini dibuat tahun 1958,hasil pemikiran dari McCarty yang menyadari Gibson dianggap sebagai “konservatif” perusahaan, yang umumnya membuat instrumen berbentuk tradisional. Suaranya pun tak kalah garang,cocok untuk musik beraliran speed metal. Salah satu gitaris terkenal yang memakai gitar ini adalah Marty Friedman (Megadeth),Dave Mustaine (Megadeth)



The Firebird Dibuat pada awal tahun 60-an, oleh seorang Reprise dari ide modern, meskipun gitar ini tidak terlalu ekstrem tapi cukup di akui suara yang dihasilkannya. Penyuka gitar ini pun tidak tanggung-tanggung,mulai dari The Beatless sampai Rolling Stone pun menyukai karakter suara gitar ini.


2. Fender














Salah satu dari perusahaan pembuat gitar yang paling populer dan juga memberikan kontribusi yang sangat berpengaruh di dunia musik modern adalah gitar Fender.

Dengan di populerkannya gitar elektronik berbadan padat, bass, dan amplifiers, Fender membantu band-band kecil untuk lebih terdengar di panggung yang lebih besar ketimbang menggunakan peralatan akustik. Dengan gitarnya yang revolusioner, Fender juga memberikan rasa lebih dalam dunia musik dan mempengaruhi banyak aliran musik termasuk rock, jazz, blues dan lain lain Leo Fender, yang merupakan penemu dari gitar fender, membuat gitar berbadan padat pertama kali pada tahun 1951 dan diberi nama “Broadcaster”. Yang di kemudian hari nama tersebut digantikan oleh “Telecaster or Tele” dan merupakan gitar berbadan padat gaya spanyol yang pertama kali di produksi secara masal.


Pencetak sejarah lain di sejarah gitar terjadi di tahun yang sama pada saat fender memperkenalkan “precision bass”. “Precision bass” berbeda dari gitar bass biasa pada waktunya karena “precision bass” memiliki fungsi yang portable, kamu dapat memainkannya seperti gitar dan juga dapat di amplifikasikan. “Double Bass atau Upright Bass” yang dahulu digunakan sangat sulit untuk di transportasikan dan seringkali sulit untuk didengar karena suaranya tenggelam oleh alat musik lain.



Pada tahun 1954, fender keluar dengan “Stratocaster atau Strat”. Fender mengadakan riset dengan bertanya kepada gitaris profesional dan staff gitar fender, kemudian bertanya “apa yang anda mau dari gitar?” sehingga dia dapat memperbaiki gitar fender “Telecaster”. Namun mereka berakhir dengan memproduksi gitar kelas atas yang berjalan berdampingan dengan “Tele”. Beberapa karakteristik utama dari “Strat” adalah adanya tambahan single coil pickup dan desain badan double cutaway yang memudahkan gitar tersebut dimainkan di nada-nada tinggi. Salah satu tambahan penting pada “Strat” adalah tremolo bridge, yang pada awalnya berfungsi sebagai alat untuk membelokan senar sehingga dapat mengimitasi suara pada pedal besi gitar.

Fender juga memperkenalkan banyak model lain di dekade selanjutnya termasuk Jaguar, Jazzmaster, dan Jazz Bass. Fender juga memproduksi Twin Reverb amplifier pada waktu itu. Dikarenakan oleh kurangnya kesehatan Leo Fender, perusahaan gitar fender dijual kebada CBS di tahun 1965. Walaupun perusahaan gitar fender melanjutkan perkembangannya di pemilik yang baru di tahun tahun selanjutnya, perusahaan tersebut menyadari pentingnya managemen yang mengerti musik dan musisi. Hal ini yang menyebabkan perusahaan gitar fender mempekerjakan William Schultz di tahun 1981.

Pada tahun 1985, CBS memutuskan untuk menjual semua bisnis medianya termasuk fender. Sekelompok investor dan staff dari perusahaan gitar fender membeli perusahaan ini dan menempatkan Willian Schultz di posisi pemimpin. Dengan termasuknya orang yang memiliki passion dalam bidang gitar sebagai pemilik perusahaan, seperti staff dari perusahaan itu sendiri, perusahaan gitar fender menjadi semakin baik. Tahun 1987 menandakan tahun dimana Fender Custom Shop buka untuk pertama kalinya yang berlokasi di Corona, California dimana mereka membuat gitar kustom untuk para profesional dan para antusias gitar. Custom Shop ini jelas merupakan langkah dari fender karena mereka selalu memiliki pengertian akan pentingnya memberikan tepat apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Fender masih terus berpikir untuk hari ini dan seterusnya untuk memberikan gitar fender terbaik yang dapat mereka buat kepada para pelanggannya. Ini yang menjadikan alasan untuk perusahaan gitar fender merupakan salah satu dari gitar yang paling terkenal yang tercatat dalam sejarah. Beberapa dari tokoh pemain gitar yang mencintai gitar fender mereka adalah Buddy Guy, Eric Clapton, Eric Johnson, George Harrison, Jeff Beck, Jimi Hendrix, Jimmy Page, John 5, John Lennon, Keith Richards, Pete Townshend, Richie Kotzen, Stevie Ray Vaughn dan Yngwie Malmsteen.  

3.IBANEZ

Ibanez mungkin merupakan salah satu pembuat gitar dari jepang yang paling terkenal. Perusahaan gitar Ibanez di dirikan di Nagoya, Jepang pada tahun 1957 sebagai anak perusahaan Hoshino Gakki, importir alat musik jepang yang memulai gitar ibanez untuk membuat model dan variannya tersendiri. Pada awalnya gitar Ibanez membuat duplikat dari desain milik Amerika. Pada model model awalnya termasuk juga 2364, merupakan duplikasi dari model gitar terkenal Ampeg Dan Armstrong yang terbuat dari plastik jernih. Gitar ibanez model 2347 merupakan duplikat dari model 2351 yang sangat mirip dengan model Gibson Les Paul, dan model 2348 merupakan duplikat yang hampir sempurna dari model non-reverse Gibson Firebird.

Varian model kopian yang berhasil di ciptakan oleh gitar Ibanez dengan sangat baik ini hampir dapat disamakan dengan model yang asli, dan ini membuat perusahaan gitar gibson untuk menuntut perusahaan gitar ibanez akan pelanggaran hak cipta di tahun 1977. Namun anehnya, gugatan tersebut tidak ditujukan kepada desain badan dari gitar ibanez yang mirip dengan desain gitar gibson, tetapi ditujukan untuk desain headstock dari gitar ibanez dan kemudian di selesaikan di pengadilan pada tahun 1978. Ini memacu perusahaan gitar ibanes untuk memperkenalkan desain milik gitar ibanez sendiri.

Beberapa dari desain tersebut adalah “the destroyer”, desain model ini mirip dengan desain gitar gibson exlporer dengan tambahan pada bentuk dan Ibanez’s classic pointed headstock. Model “the artist” menggunakan bentuk yang lebih tradisional dengan dua short cutaways dengan besar yang sama dan perubahan pada headstock untuk menghindari permasalahan hak cipta. Model “the rocket roll” merupakan duplikasi dari model gitar Gibson Flying V, tetapi Ibanez menggunakan “pointed headstock” dan tanpa “scratchplate”. Sedangkan model “the Iceman” memiliki desain model yang unik dan tidak biasa.

Dengan menggunakan model Gibson Explorer dengan “cut-down-left-hand side, notch unik di dasar dan cutaway yang besar di right hand horn yang memperbolehkan akses ke fret yang lebih tinggi. Pada awalnya model “the destroyer” tersedia dengan dua atau tiga humbucking pickups, model “the artist” hanya dengan dua humbucking pickups, dan “the Iceman” dengan dua humbuckers atau desain pickup Ibanez dengan 3 coils. Model “the Iceman” dan model “the artist” masih dalam jajaran gitar ibanez bahkan sampai tahun 2008. Golongan tahun 80an melihat banyak perbaikan pada jajaran gitar ibanez yang kemudian menambah “status” pada gitar ibanez. Perusahaan ini menjadi pionir dan ketua exponent dari “the superstart”, model yang masih populer sampai dengan saat ini. model “superstart” merupakan model Fender Stratocasater tetapi di desain khusus bagi gitaris heavy metal. Pada saat itu, tidah hanya gitar Ibanez saja yang mengembangkan model ini. Beberapa perusahaan lain seperti Jackson and Chavel juga turut berkontribusi.

Dari segi visual, “superstrat” merupakan stratocaster yang normalnya tanpa scratchplate, longer, pointed horns, and deeper cutaways. Model ini juga memiliki 24-fret, sistem Floyd Rose tremolo dan tiga pickups.

Jajaran utama “superstrat” pada gitar ibanez adalah model “RG”. Gitar ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985 dan kemudian disatukan oleh “the saber” dengan bentuk yang relatif sama tetapi dengan less pointed horns, dan desain badan yang tipis yang mungkin bahkan merupakan gitar tertipis yang pernah diproduksi. Pada akhir 1980an, gitar Ibanez berkolaborasi dengan gitaris berbakat Steve Vai yang sebelumnya pernah bergabung dengan Whitesnake, David Lee Roth’s solo band, dan Solo-nya sendiri. Steve Vai telah kehilangan gitar kustom favoritnya “Chavel Guitar” yang dicuri. Sehingga ia membutuhkan gitar baru.

Steve Vai dan Ibanez berhasil mendesain superstrat dengan 24 fret, konfigurasi pickup aforementioned dan grab handle pada badan yang di kenal oleh Vai sebagai mongkey grip. ia dan ibanez juga mendesain gitar dengan 7 senar bernama “the Universe”. Artis lain yang pernah bekerja sama dengan Ibanez dan merilis model bersejarah termasuk Paul Gilbert dengan model PGM signature, Joe Satriani dengan model JS Signature, Herman Li dan Sam Totman dengan E-Gen dan STM model, juga Munky dengan model Apex signature.

15 komentar:

samuel adinugraha mengatakan...

like this one post about guitar ( MUSIC )
:D

Farix Sanquilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

wihhh keren sob... :) ada piano gak? hahaha

fajarturtle mengatakan...

wiiihh kereen gan..!!! gitar2nya mantap..!!! hehehe.. jd pengen ane..!!!
salam kenal ya gan.. ane masih newbie ni..
mampir-mampir ya ke blog ane.. hehehe.. http://jendelagitar.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

mudah mudahan ada gitar yg lebih hebat lgi yach!!!

rivat avandi mengatakan...

http://jasa.tokobagus.com/musik-instrumen/kursus-les-musik/kursus-gitar-secara-online-skype-ym-9064080.html?adstype=1 kursus gitar secara online :)

Yohanes mengatakan...

Gitar Les Paul keren!!!!!!!!!!
ane jg pengemar slash...:D
mampir ke blog ane ya gan..
http://eleveneachclub.blogspot.com

Blog Belajar Gitar mengatakan...

makasih sob ud share :)

Belajar Gitar mengatakan...

thanks ya bro informasinya :)

depe gc mengatakan...

http://gambar-failow-guitars-custom.blogspot.com/

mampir ya gan:)

rizka wibowo mengatakan...

sadiss!!!
oya bro maen2 donk adiksigitar.blogspot.com
tukeran2 bole ga niiih??haha
keep rockin' bro!

Arfian Dwi mengatakan...

aku lagi cari gitar acoustic wilson nih....?
tolong cariin ea...
kalo ada nanti kabar2 ke email ini..
arfianfree@ymail.com

Arfian Dwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Belajar Gitar mengatakan...

bagus om,,,

Belajar Gitar mengatakan...

sangat bermanfaat,, thanks gan...

Irvan inor mengatakan...

ARTIKELNYA MANTAP GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK...
MAKASIH YA GAN... OIYA.. SOB YANG PENGEN ARTIKEL UNIK DAN
FOTO FOTO TERUPDATE ..TINGGAL KLIK SALAH SATU AJA YA SOB...

BRA PALING UNIK DI DUNIA
KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
FOTO FOTO ARTIS SALAH SYUTING
FOTO FOTO HEBOH ARTIS INDONESIA
CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML

RAHASIA WANITA YANG HYPER
CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
FESTIVAL JERUK DI AMERIKA
FOTO FENOMENA ALAM
FOTO - FOTO ARTIS INDONESIA SEKSI

KAPAL LAUT TERBESAR DI DUNIA
BINATANG TERMAHAL DI DUNIA
FOTO ARTIS KOREA CANTIK
KEJADIAN KEJADIAN ANEH DI DUNIA
FESTIVAL BIR DI RUSIA

FOTO PESAWAT TERBESAR DI DUNIA
10 PANTUN2 GOMBAL
FOTO HOT JULIA PEREZ
10 TITIK RAHASIA WANITA
10 PESAWAT TEMPUR TERCANGGIH DI DUNIA

FOTO - FOTO ABG JAMAN SEKARANG
FOTO TANTE TANTE NARSIS
10 CIRI - CIRI WANITA SELINGKUH
7 TEMPAT SENSITIF WANITA
TEMPAT2 TERINDAH DIDUNIA

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...