Sabtu, 18 Desember 2010

Pemuda Luar Biasa yang Merubah Dunia

Sepertinya dunia teknologi informasi tidak akan berkembang tanpa adanya sosok para pemuda berbakat yang menemukan berbagai macam sesuatu yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh manusia di seluruh dunia.Sedikit di sini saya akan berbagi info tentang para pemuda luar biasa yang telah merubah dunia.

 Sir Timothy John


Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 54 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire. 
Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd. 

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer.

Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya

Larry Page dan Sergey Brin

Menemukan Google pada tahun 1998 ketika mereka baru berusia 24 tahun. Mulai di dalam garasi yang menjadi “kantor” pertama mereka, dua orang ini mengilhami ribuan anak muda untuk mencari uang online. Larry dan Sergey kemudian menciptakan perusahaan senilai satu multi milyar dollar yang mengguncangkan Internet. 

Mark Zuckerberg 


Mark Zuckerberg, mahasiswa universitas Harvard yang menemukan Facebook sebagai satu platform jaringan sosial bagi remaja di perguruan tinggi ketika dia baru berusia 19 tahun. Facebook kini merupakan situs web jaringan sosial terbesar kedua setelah MySpace. Facebook terus tumbuh hari demi hari, dengan jutaan pengguna baru yang terus mendaftar setiap bulan! 

Steve Chen dan Chad Hurley 

 


Para pencipta dari situs web “berbagi video online”, YouTube. Mereka mendirikan YouTube pada 2005 ketika Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun. YouTube kemudian diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar. 

Jerry Yang dan David Filo 


Di tahun 1995 kedua orang ini menemukan Yahoo!, mesin pencari yang merupakan saingan terdekat Google. Jerry berusia 26 tahun dan David Filo 28 tahun ketika mereka menciptakan Yahoo! Kedua orang ini sekarang mungkin lagi hangat-hangatnya dibicarakan orang-orang, setelah Microsoft meluncurkan tawaran senilai US$44.6 milyar untuk mengambil alih Yahoo!

Matt Mullenweg 
 

Matt Mullenweg baru berusia 19 tahun ketika ia menciptakan platform blogging yang kini dipakai dimana-mana. Ia mendirikan platform blogging WordPress pada tahun 2005, dan sejak itu blogosphere pun mulai berevolusi. Orang-orang mulai berpindah dari MovableType dan platform lainnya ke WordPress, karena platform baru ini memang mudah dipakai dan selalu diperbaharui dan terus meningkat. 

Tom Anderson 

 


Menciptakan jaringan sosial #1 di dunia dengan lebih dari 100 juta pengguna, Tom Anderson mendirikan MySpace di tahun 2004 ketika ia baru berusia 23 tahun. Dia mungkin tidak sekaya Mark Zuckerberg, tapi ia tercatat sebagai pendiri dari jaringan sosial yang dipakai paling luas di Internet. 

Blake Ross 


Pada tahun 2003, Blake Ross mendirikan Mozilla ketika dia baru berusia 19 tahun. Sejak itu, Mozilla tumbuh sangat pesat, menggoda pengguna Internet untuk memakai penjelajah Firefox Mozilla mereka sendiri, yang terbukti memang lebih mudah dioperasikan dibandingkan kebanyakan aplikasi penjelajah web lainnya. 

Pierre Omidyar 


Pada tahun 1995 ketika ia baru berusia 28 tahun, Pierre Omidyar mendirikan eBay, lelangan online sedunia. Sejak itu, banyak orang-orang menghargai penemuannya, sehingga mendorong eBay menjadi platform dunia.

Steven Goh dan Mei Ling Ng


Bagi yang suka chating di HP pasti kenal sama Mig33, komunitas mobile yang digandrungi oleh berjuta-juta pelanggan di seluruh dunia. Steven adalah Co-Founder dan CEO dari mig33, komunitas mobile Internet global yang membuka komunikasi instan kepada seluruh manusia di dunia dengan menggunakan ponsel dengan interface terintegrasi. Steven memulai karirnya pada usia 7 tahun dengan memprogram Fortran di Universitas Western Australia jurusan Matematika atas bantuan ayahnya yang mengajar disana. Sedangkan Mei Lin, dia mencari pemasaran, komunikasi dan pelayanan pelanggan untuk mig33.
Sebagai co-founder dari mig33 di 2003, Mei Lin terlibat banyak dalam proses pengembangan produk. Mig33 menyajikan pelayan mobile (pelayanan internet yang populer seperti: messaging, chat, foto, profil, VoIP) yang melayani kebutuhan harian pelanggan (pilihan komunikasi pada ponsel). Dengan berkembangnya popularitas pelayanan internet tersebut ke dalam komunitas ponsel dengan berjuta-juta user sepanjang Asia, Afrika dan Eropa, tim pendiri mengamankan modal dan memindahkan perusahaan ke Amerika di th 2007, untuk memajukan bisnis lebih pesat lagi.

Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams


Twitter didirikan pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya. 
Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. 
Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.

Jonathan Abrams 


Ini dia jaringan pertamanan yang populer sebelum kemunculan Facebook, si friendster. Friendster dibuat oleh Jonathan Abrams dan dikelola oleh perusahaan Friendster Inc. Friendster didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Jonathan yang merupakan lulusan Computer Science dari McMaster University sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Kemajuan Friendster berhasil mendatangkan dana sebesar US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis, Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment. Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia.

Evan Williams


Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com  dan menjadi milik perusahaan Pyra Labs.
Pendiri PyraLab itu juga menciptakan Blogger.Dia adalah Evan Williams. Laki-laki yang lahir pada tanggal 31 Maret 1972 di Nebraska ini adalah seorang wirausahawan Amerika Serikat yang berasal dari keluarga petani.
Pada tahun 2002 Google.com  membeli saham Pyra Labs dengan harga ratusan miliar. Blogger.com  pun menjadi hak milik Google.com .Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, tempat penyebaran informasi sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.Bersama Google, Blogger terus dikembangkan dan makin terkenal. Peminatnya pun terus bertamanbah. Hebatnya lagi, di tahun 2003 sudah ada tiga juta blog yang aktif.Evan juga berperan besar dalam pembuatan twitter bersama Jack Dorsey

15 komentar:

KISAH ABU NAWAS mengatakan...

salam sob..
pemuda yang luar biasa ..
thanks sharenya

Farix Sanquilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

Keren Sobbb!!! Wahhh... tak disangka semua itu menghabiskan triliunan lebih kali ya? hehehehe

Ladida mengatakan...

hebat :k:

mumpung masih muda nii . , bisa ga ya saya merubah dunia :c:

Steven Gunanto mengatakan...

keren sob thanks sharingnya :a

syamsul rijal mengatakan...

Di Indo apa ada ya pemuda yang bisa merubah Dunia ya paling tidak Di Indo saja sudah cukup

Junaedi mengatakan...

Artikel yg oke, link anda sdh dipasang di blog saya & tolong link saya jg dipasang di blog anda

Muhammad Chandra mengatakan...

mudah-mudahan pemuda indonesia dsapat sukses sepeerti orng-orng di atas..

Faril mengatakan...

wah,,ternyata para pembuat situs2 keren ini masih muda ya...ada yang berusia 19 tahun sudah jadi sehebat itu...
mantab,...kalah aku dari mereka...

Faril mengatakan...

syamsul rijal: loh,jangan salah..pendiri negara kita itu para pemuda loh...mereka yang membujuk Bung Karno agar segera memerdekakan negara kita...
trus Supriyadi pas jadi jenderal besar Indonesia juga masih sangat muda..

satu lagi,,kamu tahu siapa pendiri KASKUS??dia masih muda!!!!!!

Faril mengatakan...

satu lagi,,pendiri dan pemilik situs http://dimasanarky.blogspot.com/ juga masih muda...hehehehehe

admin mengatakan...

wah...banyak lho pemuda indonesia yang menciptakan sesuatu yang bermanfaat...hanya saja belum santer di dengar

admin mengatakan...

@faril : hahaha..bisa saja...:c:

kisah abu nawas mengatakan...

salam sob...
pemuda yang patut dicontoh itu

Faril mengatakan...

dicontoh apanya??kalo nyontoh gaya hidupnya,,aku nggak mau..:e:

admin mengatakan...

pusing ya bang...hahahha
kita tinggal memanfaatkannya saja...:h:

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...