Minggu, 05 Desember 2010

The Hum Suara Pengganggu Misterius


















Manusia mendengkur itu biasa.Tapi,pernah dengar bumi mendengkur?Nah fenomena itu menjadi misteri yang belum terpecahkan.Keluarnya suara-suara "aneh" dari dalam bumi tersebut juga menjadi pertanyaan besar bagi manusia.Dari mana dan bagaimana dengungan yang disebut The Hum itu?

Bebagai macam tipikal suara ada di sekitar manusiaMulai infrasonik,audiosonik,dan ultasonik.Di antara ketiga suara tersebut ada suara yang bisa di dengar dan ada suara tang terlalu keras dan terlalu kecil untuk didengar manusia.The termasuk kategori suara infrasonik,yaitu sekitar 17 hertz hingga 0,001 hertz.Sebenarnya manusia sulit mendengar suara pada frekuensi tersebut,namun beberapa orang pernah dikabarkan mendengar suara The Hum tersebut.Biasanya orang yang mendengar The Hum berada di tempat dengan kesunyian tingkat tinggi.

Fenomena yang tenar pada 1990 tersebut memang terasa sejak 1970-an.Hanya pada pada tahun 1970 dan 1980 fenomena tersebut belum bisa disimpulkan sebagai The Hum.penelitian seputar fenomena itu pun belum dimulai.Nah,pada tahun 1990 di Amerika Utara fenomena serupa terjadi.Hal tersebut mulai jadi wacana publik.Itu berawal dari dari sebuah penelitian University of New Mexico atas komplain warga yang berada di daerah Taos,New Mexico.Mereka sering mendengar suara-suara aneh.Tak hanya itu,suara dengungan bumi juga terdengar di daerah Inggris,yang dikenal dengan Bristol Hum.Berdasarkan keterangan saksi,suara tersebut memang lemah.Namun,cukup mengganggu kenyamana saat tidur.Sejak adanya suara-suara itu,beberapa warga tidak dapat tidur nyenyak.

Pertanyaannya,mengapa terdengarnya hanya di kala tidur?Frekuensi rendah memang tidak bisa terdengar di kala manusia melakukan aktivitas sehari-hari.Namun,pemecahan suara itu bisa terdengar manusia dipengaruhi faktor lokasi.

Pada tahun 2006,tepatnya 15 November,Dr Tom Moir dari University of Auckland,Selandia Baru,meneliti Auckland Hum.Dari penelitian tersebut,frekuensi dengungan bumi bisa mencapai 56 hertz,bergantung lokasi.Faktor kedekatan dengan sumber bunyi juga berpengaruh.
Dr Davin Baguley,kepala audiologi rumah sakit Addenbrooke Cambridge,punya pendapat sendiri.Dia menyebutkan bahwa orang yang memiliki masalah dengan dengungan bumi disebabkan fisik masing-masing.Perlu diketahui, 2/3 waktu orang yang biasa mendengar The Hum dihabiskan di sekitar suara-suara The Hum.Secara tidak langsung,pendengaran manusia telah terbiasa.Misal,suara diesel yang bisa terbawa sampai dalam keadaan tenang..
Peristiwa Taos Hum tercatat dalam sepuluh misteri bumi yang kerap dimuat dalam media ilmiah. Hal tersebut dipengaruhi karakter Taos Hum cukupbesar dan sering terjadi di daerah tersebut.Taos Hum menjadi sorotan media.salah satunya adalah program televisi Unsolved Mysteries.Taos Hum juga merupakan salah satu hal yang disebutkan dalam film seri yang penuh misteri the X-Files.

Pengaruh sumber suara The Hum bergantung kegiatan yang mendominasi di area tersebut.Misalnya kota Kokomo dan Bristol yang didominasi industri.Sedangkan The Hum di Hawaii lebih disebabkan aktivitas Vulkanis.Getaran suara yang dihasilkan tower pendingin di pabrik Daimler Chrysler mencapai 36 hertz.Sedangkan daerah pabrik Haynes International menghasilkan getaran 10 hertz.

Sebuah fenomena The Hum di kota yang sama mampu terdengar dengan frekuensi yang berbeda.Dengungan bumi atau The Hum di Inggris,yang dinamakan Bristol Hum,bahkan telah menyebabkan satu orang tewas.

16 komentar:

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

wah baru tahu nih sob kalau bumi pun ternyata mendengkur ... nice posting

sibutiz mengatakan...

ya ya ya ,saya juga baru tahu,,,
thx y gan...

Media Semarang mengatakan...

wah aneh juga ya
coba bisa didengar oleh telinga tanpa alat bantu
ngeriiii

admin mengatakan...

oke...sama-sama
@media: bisa ko,asal kita berada di tingkat kesunyian yang sangat tinggi,kaya di pedesaan contohnya

iam mengatakan...

wahwah.. macem2 aja ya. banyak hal2 yang nggak bisa masuk logika. tapi nyata :D

RAVE67-GIGIH mengatakan...

alat apa yg bisa mendengarkan suara itu sob?

Faril mengatakan...

ada beberapa kemungkinan suara itu..jika berada di kesunyian tingkat tinggi aku bisa mendengar suara bel kapal yang letaknya sangat jauh,,suara gamelan di tempat yg aku tak tahu lokasinya..
bisa jadi ini hanya suara di kejauhan yang terdengar karena kesunyian tersebut (yang biasanya tidak terdengar karena buynyi aktifitas manusia)

bisa dituliskan sumbernya??

RUMAH MUNGIL YANG SEHAT mengatakan...

kalo bumi mendengkur itu ya kalo mau gempa..wkwkwkwkwk

admin mengatakan...

eh..belum di kasi ya???sumbernya dari radar tegal
oya di tegal ada suara adzan jam 3 pagi lho...kayanya dari tempat yang jauh,gak tau dari mana asalnya...terkenalnya sih itu 'adzan wali'

2012 mengatakan...

Wah... info yg sangat bermanfaat neeh...

Tutorial Blog mengatakan...

hihi,,ternyata bumi bisa mendengkur juga, saya pribadi malah baru tahu ini, makasih infonya,,
hmmm, kalau sok tau ku sih :) mungkin itu merupakan suara yang muncul akibat aktivitas tektonik bumi..kan di bawah kerak bumi ada magma tuh, nah mungkin itu yang bikin suara,,,
hihi sok tau banget ya :)

Faril mengatakan...

iya,,terkadang juga saya mendengar adzan pada skitar jam 3 dini hari (alo pas saya bangun tentunya,,skarang udah jarang bangun jam 3)..
adzan itu terdengar sayu sperti dari kampung sebelah..pernah saya tanya ke teman yang ada di kampung sebelah dan dia juga mendengarnya pada malam yg sama ketika saya mendengar suara adzan tsb..dia malah berpikir bahwa suara adzan itu beraasl dari kampungku..aneh kan??
menurut ulama di tempatku, itu adalah adzn untuk membangunkan orang agar sholat tahajud...

admin mengatakan...

:d:
mau nulis posting tentang itu ah...

taufikdisc™ mengatakan...

kunjungan perdana
wah ... blog yg bagus dan artikelnya bagus2 ..
dari yg tidak tahu menjadi tahu.
d tunggu kunjungan baliknya ya :)

I'm → Botzzz mengatakan...

wahh Ternyata Bisa Mengeluarkan Suara Juga Ya Baru Tau saya....nice post...salam knl sobat..

Mr.Kelpo mengatakan...

Baru tahu nih :b: Keren...

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...