Jumat, 03 Desember 2010

Cara Alami Mengobat Flu

Sekedar ingin berbagi sedikit informasi kepada para sobat blogger tentang cara alami mengobati flu. 


1. Air Garam

Garam meja dapat menjadi obat saat terkena flu karena cuaca. Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang membuat tenggorokan bengkak sekaligus mematikan kuman.Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buat larutan garam dengan air hangat, dan kumur tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala flu. 

2. Penguapan

Pilek biasanya terjadi saat cuaca dingin. Karena itu menguapkan saluran pernapasan dapat membantu angin dingin keluar dari tubuh. Buat ramuan uapnya,cukup rebus daun mint, atau rosemary, dan hirup uapnya segera. Cara lain  dapat mandi uap yang juga membantu meringankan sakit kepala dan dada sesak.Untuk cara instan, menghisap permen mint dapat meredakan pilek untuk sementara. 


3. Air Cayenne

Cayenne adalah sejenis rempah yang rasanya pedas dan tajam. Khasiatnya meningkatkan aliran darah sehingga sel darah yang diperlukan untuk memerangi infeksi dapat tersalur lebih cepat.
Karena itu saat  merasa flu, segera minum larutan cayenne yang dicampur air hangat. Secara instan mengobati sakit tenggorokan parah dan meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Bawang Putih

Bawang putih kaya antioksidan yang mendukung sistem imun. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Begitu bersin, segera konsumsi bawang putih mentah yang sudah diiris tipis bersama biskuit tawar. Napas kita mungkin akan sedikit berbau tajam, tetapi tubuh akan segera membaik.

5. Bawang Merah

Bawang Merah Kandungan dalam bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral.Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, kita juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.


6. Sirup Batuk Alami

Cukup tiga bahan alami untuk memerangi batuk, perasan jeruk lemon sebagai sumber vitamin C dan anti bakteri, madu sebagai peningkat stamina yang memerangi kelelahan, dan air hangat. Campurkan ketiganya dan konsumsi satu sendok teh sesering mungkin hingga batuk reda. 


7. Campuran Alkohol

Alkohol dalam dosis tepat membantu kita untuk istirahat. Campurkan dengan madu membantu tubuh melawan rasa pegal dan mengeluarkan keringat yang membuat demam.
Campurkan sedikit whiskey, rum, atau brandy dengan satu sendok teh madu, tiga sendok teh perasan lemon, dan teh favorit Anda (chamomile, teh mint). 
8. Sup Ayam

Sup ayam dapat mengurangi inflamasi dan mempercepat jalannya lendir. Untuk hasil terbaik, buat sendiri sup ayam yang terdiri dari rebusan ayam, wortel, bawang merah, dan seledri. Rebus minimal 12 jam. Semakin lama direbus, semakin banyak kebaikan protein ayam yang terlepas dari tulangnya. 


9. Gingseng

Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu
 
10. Jahe 

Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi,sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu. jahe dengan 1 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 butir cengkeh.

9 komentar:

anasku mengatakan...

Wah trims.. sangat bermanfaat :c

Ngurah Adis mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sob.. kebetulan saya lagi kena flu juga nih.... ehe e:e

admin mengatakan...

sama sama..
semoga membantu

Lawang Sewu Semarang mengatakan...

Wah tips yang sangat tepat dengan musim dan cuaca nih. Terimakasih atas Tipsnya kawan.

syamsul rijal mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sob...ijin copas

admin mengatakan...

oke...silahkan

Jana Virananda mengatakan...

Kebetulan saya lagi flu nih ... :)

Chici mengatakan...

wah artikelnya pas banget nih untuk ngatasin pilek aku...
segera dicoba.... :i:

rental ac mengatakan...

ane baru ternyata sop ayam bisa ngilangin flu.

Posting Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...