Kamis, 09 Desember 2010

Manfaat Minum Air Kelapa


Sejak lama, kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat. Nyaris tak ada bagian dari tanaman kelapa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan.Namun tak jarang pula orang yang tidak paham memanfaatkan setiap bagian dari kelapa. Air kelapa misalnya, justru hanya menjadi limbah karena bingung memanfaatkanya.Padahal air kelapa justru sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Air buah kelapa memiliki khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.
Nah.. agar air kelapa tak terbuang percuma,kita perlu tahu apa saja khasiat dan kegunaannya. Inilah beberapa manfaat dari air kelapa :

1. Air kelapa lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi.

2. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

3. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh  lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

4. Jika  mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

5. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.


6. Jika kita masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa. 
7. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung 

8. Banyak yang mengatakan bahwa air kelapa dapat berfungsi sebagai penawar racun, walaupun literatur ilmiah yang mendukung pernyataan ini sangat sulit dicar.
    9.  Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan

    10. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

    11. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
    Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap

    12. Campuran dari air kelapa dengan sedikit madu dipercaya merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

    13.  Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

    14. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan. Air kelapa mempunyai sifat seimbang (isotonis) dan kaya dengan elektrolit. Karenanya, sangat baik diminum ketika tubuh kekurangan elektrolit, misal setelah aktifitas atau olah raga berat.

    15. Pada kasus dehidrasi, misalnya diare, air kelapa dapat digunakan sebagai cairan pengganti seperti layaknya oralit.


    Semoga bermanfaat...

    19 komentar:

    Warna Tulisan mengatakan...

    wah mantabs nih sob, ijin disimpan ya ...

    Ladida mengatakan...

    air kelapa memang seger dan banyak manfaat . ,

    tapi kalo kejatuhan kelapa bisa pusink dee :e:

    admin mengatakan...

    ya..silahkan
    waaahhh..bisa benjol tuh kepala:a:

    Tutorial Blog mengatakan...

    kelapa lebih bernutrisi ketimbang susu!? wah kalau gitu tiap pagi minum esklamud (es kelapa muda) aja nih,,,hehe
    oh iya, katanya air kelapa juga bisa menetralisir racun dalam tubuh ya?

    Dhana/戴安娜 mengatakan...

    salam sahabat
    wah manfaat minum air kelapa sangat bagus buat tubuh disamping itu sebagai netralisir oragan tubuh yach

    admin mengatakan...

    ea bisa menetralisir racun tapi belum ada bukti ilmiahnya:d:

    syamsul rijal mengatakan...

    asal jangan terlalu banyak minum air kelapa bisa merusak hati menurut orang yang pernah saya tanya ...apa itu benar atau tidak saya juga tidak tahu...heheheh

    admin mengatakan...

    yaakkk itu ada satu masukan dari abng rijal...terima kasih:f:

    syahida mengatakan...

    ASyik nih .. aku demen juga air kelapa ... ternyata banyak juga manfaatnya ya ..

    Kelpo mengatakan...

    Saya kurang suka nih air kelapa, hehe :c:

    Tapi adek sy suka bgt ... :d:

    Junaedi mengatakan...

    Utk no. 11 aku baru tahu kalau air kelapa bisa dibuat menyembuhkan jerawat

    admin mengatakan...

    terima kasih atas semua komentarnya

    Media Semarang mengatakan...

    Ada satu lagi manfaat yang belum ditulis

    16. Jika disiang hari yang panas Minum Es Kelapa Muda, pasti Mak Nyoosss. Ga percaya Coba saja ndiri. hehehehee :f:

    sibutiz mengatakan...

    makasih kawan atas infonya...
    please coment back....
    mantabs...

    kartika mengatakan...

    selain segar buah kelapa ternyata banyak manfaatnya, nice info

    Hendri mengatakan...

    Mantab ni sob artikelnya..

    Izin berkunjung
    http://www.bloghendri.com

    admin mengatakan...

    oke..nanti saya berkunjunga

    Syaifullah Arifin mengatakan...

    Wau...
    ternyata air kelapa mempunyai manfaat yg sangat komplit ya sob, aku baru tau setelah membaca postingan sobat q ini...
    Lau begitu lebih baik air kelapa atau susu sob???
    di sini banyak yg jual air kelapa sob tapi di campur pke kelapanya juga,, dan paling enak di campur agar2,susu coklat, air aren, terus es di atasnya.. weehh.... sehat bgt... hahahaha !( promo ). makasih ya sob infox berguna...

    Hendri Oktopiana mengatakan...

    Bermanfaat sekali gan infonya, Terimakasih banyak ya

    Poskan Komentar

    Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...