Kamis, 30 Desember 2010

Kisah Kepahlawanan 2 Pendekar Jepang

Sedikit mau menceritakan sebuah kisah perjalanan 2 kesatria dari Jepang,yang mungkin bisa dibilang sebagai kisah kepahlawanan yang patut di acungi jempol

Minamoto Yoshitsune

 


















Sejarah menyebutkan bahwa pada abad ke-12,kepimimpinan di Jepang dipegang oleh para Shogun.Hal tersebut membuat mereka,memiliki kekuasaan yang lebih tingi dibanding kaisar.Pada masa itu,terdapat dua klan Shogunate paling besar dan berkuasa di Negeri Sakura.Pertama adalah Genji dipimpin oleh Minamoto Yoshiie,sementar pihak kedua adalah Heike yang dipimpin oleh Taira Kiyomori.akibat adanya perebutan kekuasaan,maka peperangan antara kedua kubu tidak dapat dihindari lagi.Dalam Battle of Heiji (1159),setelah berhasil mengalahkan pasukan Genji,Taira diangkat menjadi kaisar dan menjadi penguasa tertinggi di Jepang.
Untuk melindungi posisinya,ia menghukum Yoshiie dan mengasingkan anak tertuanya,Minamoto Yorimoto,ke propinsi Izu.Sementara anak ke-9 yang bernama Minamoto Yoshitsune karena masih kecil diserahkan ke Kuil Kurama.
Berkat itu Taira menikmati kepemimpinannya dengan tenang,namun rakyat menderita karena kepemimpinan tangan besi yang dilakukan olehnya. Konon pada saat itu Yoshitsune kecil didatangi sesosok Tengu,dan bercerita identitasnya sebenarnya.Ia juga mendapatkan ilmu pedang,sehingga menjadi samurai yang tangguh.Sang tengu menghimbau pada Yoshitsune untuk menggulingkan kekuasaan Taira demi kesejahteraan rakyat.

Ketika umur 16 tahun, Yoshitsune kabur dari kuil.Dia mendapat perlindungan dari Fujiwara Hidehira,pemimpin klan yang berkuasa di Propinsi Mutsu. Selama dalam pelariannya,Yoshitsune pernah berhadapan dengan seorang perampok di jembatan Gojyo,yang sangat ditakuti penduduk.Selain memiliki tubuh besar,penjahat ini juga telah mengalahkan 99 pendekar samurai ( bahkan ada juga yang mengatakan 999 pendekar samurai),dan merampas pedang mereka.Namun berkat kepiawaiannya, Yoshitsune berhasil mengalahkannya.dan akhirnya malah sang perampok menjadi pengikut setia dari Minamoto Yoshitsune.

Keduanya kemudian berkelana untuk mengumpulkan pasukan Genji yang masih tersisa.Dalam beberapa tahun Yoshitsune telah berhasil menciptakan pasukan tanggu serta berhasil mengalahkan pasukan Taira dalam perang sebanyak 2 kali.Yang pertama dalam Battle of Ichi no Tani dan kedua di Battle of Yashima.

Kemudian Yoshitsune bergabung dengan kakaknya yang juga mengadakan perang terhadap Taira.Akhirnya dua bersaudara ini berhasil mengalahkan klan Heike.Berkat jasanya yang besar,penduduk menginginkan Minamoto Yoshitsune untuk menjadi pemimpin.Hal ini menimbulkan iri di hati Yorimoto.Dengan cara licik ia memfitnah adiknya dan berusaha membunuhnya.

Yoshitsune pun kabur bersama pengikut setianya.Di akhir cerita ini agak sulit dipastikan.Beberapa legenda menyebutkan dia kabur menuju dataran mongol dan menjadi sosok Genghis Khan.Sebagian mengatakan dia meminta perlindunga dari Fujiwara,namun dibunuh oleh anaknya yang bernama Fujiwara Yasuhira.
 
Musashibo Benkei




















Sejarah mengatakan jika Benkei adalah sosok anak berbadan besar,dia adalah keturunan dari putri seorang pandai besi dengan pimpina kuil.Namun banyak yang percaya jika Benkei merupakan anak seorang dewa atau bahkan keturunan Oni (Setan kepercayaan rakyat Jepang) semua itu karena sosok tubuhnya yang tinggi besar dan sering membuat onar.

Untuk mengurangi kenakalannya maka dia dititpkan di kuil agar menjadi seorang Biksu,tapi karena kesulitan mengaturnya maka para biksu mengirimkannya ke kuil lain,begitu seterusnya.Oleh karena itu,Benkei menghabiskan masa mudanya di kuil.Menginjak usia 16 tahun terlihat perbedaan tubuhnya,tingginya mencapai 2 meter.Selain itu Benkei juga memiliki kekuatan fisik yang tinggi.Dia lalu meninggalkan kuil karena terlibat masalah dengan petinggi kuil.

Menurut cerita,selain memiliki kekuatan yang besar,Benkei juga menguasai Houriki yaitu sejenis magic yang dimiliki oleh para pendeta buddha. Akhirnya Benkei bergabung dengan kelompok Yamabushi,kelompok pendeta yang beralih menjadi perampok.Mereka bisa dikenali dengan penutup kepala berwarna hitam.Berkat kemampuannya,Benkei dipercaya menjadi pemimpin.Ia menjadikan jembatan Gojyo sebagai pusat operasi..Sudah banyak yang menjadi korban keganasan Benkei.Legenda mengatakan dia telah mengalahkan 99 pendekar samurai ( bahkan ada yang mengatakan 999 pendekar samurai) dan pada suatu malam, Benkei menghadang pemuda yang membawa pedang indah.Pertarungan pun terjadi,meski terlihat tidak seimbang tapi berkat kelincahan pemuda itu,Benkei dapat dikalahkan.Dan baru pertama kali inilah Benkei dikalakan,ia akhirnya mengabdi pada pemuda itu yang tak lain adalah Minamoto Yoshitsune.

Sejak saat itu Benkei selalu mengikuti kemana tuannya pergi,pada saat perang untuk menggulingkan kekuasaan klan Heike pun ia memberikan kontribusi besar. Bahkan ketika tuannya difitnah kakak kandungnya hingga menjadi buronan pun,Benkei masih setia mengikuti kemana pun Yoshisune melangkah,mereka terus hidup dalam pelarian selama 2 tahun.

Ada cerita mengharukan dari seorang Benkei,dikatakan jika saat itu pasukan dari Yoritomo telah mengepung persembunyian mereka,dan di sinilah Benkei menemui ajalnya setelah badannya tertembus oleh 100 anak panah dari pasukan Yoritomo.Bahkan menurut kepercayaan, Benkei mati dalam keadaan berdiri demi melindungi pintu masuk kamar tuannya,hingga pasukan Yoritomo tak bisa masuk karena badan Benkei yang tinggi besar.

Itulah kisah kepahlawanan Yoshisune dan Benkei...

13 komentar:

sibutiz mengatakan...

wach,mantabs ya..
hebat hebat mereka...
jepang memang selalu memiliki yang unikk..
bnaik dalam dunia nyata ataupun dunia maya...

syamsul rijal mengatakan...

JEPANG selalu memiliki kesatria yang hebat - hebat dan handal

Chandra mengatakan...

wah keren nih euy , saya suka dengan si Musashibo Benkei . hebat :)

admin mengatakan...

hahaha....mantap...pahlawan indonesia juga hebat hebat

Ladida mengatakan...

waah . , memang hebat pendekar jepang ini . ,

maaf sob . , ada selih ketik spertinya . , fi bawah gambar minamoto yoshitsune , baris ke 3 . , tertulis "tingi" . , heheee :d:

Kisah Abu Nawas mengatakan...

salam sob
thanks sharenya
kepahlawanan jepang hebat

chafiz mengatakan...

jepang emang punya banyak keunikan ... dan setiap hal yang berbau jejepangan membuat gw kagummm :l:

admin mengatakan...

@ladida : wah...terima kasih koreksinya
@bang abu : sama-sama
@chafiz : fans jepang nih..hahhaha:f:

Faril mengatakan...

oh,,ini kan karakter yang ada di game GENJI kan??yang di PS2..
keren tuh..

kapan2,,bahas Yoshitsune Asakura juga dong..

Faril mengatakan...

mantab,,masih 16 tahun udah punya banyak pengikut karena kelihaian berpedang..

hah??dia ternyata Gengis Khan ya??!!

admin mengatakan...

@faril : betul itu sob...
oke mungkin nanti menyusul
itu kan baru dugaan aja sob...:h:

kisah abu nawas mengatakan...

salam sob..
pendekar Jepang hebat

Yoyok Nugroho mengatakan...

Ijin BW gan, asik juga nih ceritanya. .

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...