Sabtu, 04 Desember 2010

10 Tanaman Alami Penghilang Bau Badan

Bau badan berlebih membuat kita jadi tidak percaya diri saat harus berkumpul dengan teman-teman kita, nah sebetulnya banyak tanaman yang bisa di jadikan sebagai deodorant alami.Berikut ini sedikit saya akan berbagi beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau badan yang bisa kita gunakan.

1. Daun Sirih



Sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptic juga mengandung zat-zat aktif yangt mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Mengandung bahan kimia di dalam minyak atsirinya : al. kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol dan zat samak.
Cara pakai : Beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas, setelah dingin airnya diminum. Atau daun sirih dihaluskan bersama kapur sirih lalu di oleskan di ketiak.

2. Daun Bluntas


Biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir. Daun dan bunga bluntas mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic. Kandungan kimia al. amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C.
Cara Pakai : dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus, boleh juga minum rebusan airnya.
Efek samping : dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

3. Daun kemangi

http://dreamindonesia.files.wordpress.com/2009/04/kemangi.jpg
Biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau.Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.Kemangi juga mengandung antiseptic.
Cara pakai : Dilalap mentah, biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.
Efek samping : meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.

4. Rimpang Temulawak


Tanaman ini asli Indonesia, khususnya Pulau Jawa.Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker, dan anti mikroba.
Cara Pakai : minum rebusan rimpang temulawak yang telah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh tubuh hingga mengering.

5. Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.)

http://1.bp.blogspot.com/_h9xU9RF-bhU/SiYnl-rxp8I/AAAAAAAAAT0/CQfrsI5dCRk/s320/kecombrang.jpg

Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama samba.Bunga ini menganduing Sapomin, flavoinoida dan polifenol yang dapat dimanfaatkan sebagai sabun.
Cara Pakai : daun muda dan bunga di masak dan dimakan sebagai teman lauk.Untuk digunakan sebagi sabun ada dua cara: yaitu menggosokkan langsung batangnya ke tubuh dan wajah atau dengan mememarkan pelepah daun hingga keluar busa yang harum yang dapat langsung digunakan sebagai sabun.

6. Jeruk Purut



Merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan. Beberapa wewangian juga memakai minyak jeruk purut sebagai komponennya. Karakteristik minyak daunnya didominasi oleh minyak atsiri,citronelal (80%), sisanya adalah citronelol (10%), nerol dan limonena.
Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya

7. Jeruk Nipis




Mengandung daging buah yang masam, agak serupa rasanya dengan lemon. Perasan isi buahnya sering digunakan untuk memasamkan makanan,seperti pada soto. Fungsinya sama dengan cuka. Sebagai bahan obat tradisional, perasan langsung buah jeruk nipis dipakai sebagai obat batuk, diberikan bersama dengan kapur untuk menurunkan demam. Perasannya juga dipakai sebagai obat batuk.  
Cara pakai : Air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak

8. Jahe (zingiber Officinale)


Sebagian besar orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual.
Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe

9. Ketimun / mentimun (Cucumis sativus)


Timun adalah buah yang dapat dimakan secara mentah atau segar. Timun mengandungi 0.65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2.2%. Selain itu timun juga mengandungi kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.Timun juga dapat mengobati cacingan dan juga batuk  
Cara pakai : Sari buah ketimun muda digosokkan ke ketiak setiap habis mandi.

10. Cengkeh (Uegenia aromatica)


Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia,cengkeh dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk.Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan bau nafas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkeh yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi 
Cara pakai : beberapa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh yang dicampur gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala hujan.

10 komentar:

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

postingan yang sangat bermanfaat nih sob, ijin disimpan dulu, salam

syamsul rijal mengatakan...

makin mantap ni sob dengan postingannya ......ijin save ilmunya

Faril mengatakan...

daun bluntas??yang mana itu??

aku juga sering dengar kalo cengkeh bisa menghilangkan bau,,tak hanya bau badan,tapi juga bau mulut..

kakak dan abel mengatakan...

saya suka dengan tulisan ini, biarpun kita sudah mengetahui khasiat dari tanaman2 ini yang penting sudah share. terus gali sob. thanks infonya

admin mengatakan...

hohoho...tuh kan mas faril tanya yang aneh aneh lagi,hahahahha
@kakak : terima kasih

Muhammad Chandra mengatakan...

wahahha , ini dia cara yg alami dan murah meriah ...

Alif mengatakan...

sangat meriah wong cengkeh bukan cengoh hahahaha

Yafiz mengatakan...

Nice Post!
aku punya tips cara menghilangkan bau Jengkol, yaitu dengan makan pete!..hehehe

Damas Husain mengatakan...

thanks infonya...bagus bgt..jadi tau khasiat tanaman itu....

waythree mengatakan...

ijin bookmark..

nice jon... :f:

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...