Jumat, 12 November 2010

10 Misteri Kapal Hantu

Sedikit saya mau berbagi cerita tentang beberapa kapal hantu yang menghuni di beberapa perairan di dunia.Konon kapal ini masih sering terlihat oleh para pelaut. 
 
1. The Caleuche

Salah satu yang paling terkenal legenda dari mitologi Chilota,Chili selatan adalah Caleuche,sebuah kapal hantu yang muncul tiap malam dekat pulau Chiloe. Menurut legenda setempat, kapal caleuche berwarna menyolok indah dan cerah, dan selalu disertai suara musik dan orang-orang tertawa. Setelah muncul beberapa saat, kapal itu kemudian menenggelamkan diri di bawah air. Menurut mitologi Chilota , roh-roh tersebut dikatakan melanjutkan kehidupan mereka seperti sebelum mereka mati.

2.The SS Valencia

SS Valencia adalah kapal yang tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia pada tahun 1906. Kapal itu menemui cuaca buruk dan badai di dekat Cape Mendocino yang akhirnya hanyut lalu menabrak karang yang kemudian menyebabkan air mulai masuk ke dalam kapal.Beberapa awak kapal segera menurunkan sekoci,menyelamatkan sekitar 108 penumpang yang melompat ketika kapal mulai tenggelam, tetapi beberapa perahu sekoci terbalik karena terlalu banyak beban dan beberapa perahu sekoci yang lain menghilang. Valencia akhirnya tenggelam, dan hanya 37 dari sekitar 180 orang di kapal selamat.
Lima bulan kemudian, seorang nelayan mengklaim jika dia telah menemukan sekoci dengan 8 kerangka di dalam sebuah gua. Pencarian pun dikerahkan, tapi tidak menemukan apa pun.
Valencia akhirnya menjadi kisah kapal hantu. Pelaut sering mengatakan mereka biasanya melihat hantu dari korban kapal Walencia melayang dekat karang di Pachena Point, dan sampai hari ini kapal ini sering menampakan wujudnya.
27 tahun setelah tenggelamnya Valencia, salah satu sekoci ditemukan mengambang tenang di dekat Barkley Sound.Rakit itu dikatakan berada dalam kondisi baik-baik saja, dan bahkan masih terlihat warna cat aslinya.

3.The Ourang Medan
 

Cerita tentang Medan Ourang dimulai pada tahun 1947, ketika dua kapal Amerika menerima panggilan darurat saat menavigasi Selat Malaka, lepas pantai Malaysia. Si penelepon memperkenalkan diri sebagai anggota awak Ourang Medan, sebuah kapal Belanda, dan menyatakan bahwa kapten kapal dan awak semua mati atau sekarat. Pesan menjadi campur aduk dan aneh sebelum melemah dan berakhir dengan kata-kata: “aku hampir mati.”
Kapal-kapal Amerika tersebut cepat berlayar ke tempat kejadian untuk membantu. Ketika mereka tiba, mereka menemukan bahwa Ourang Medan tidak mengalami kerusakan, tetapi seluruh awak kapal, bahkan anjing sudah mati, tubuh dan wajah mereka terlihat dalam pose dan ekspresi ketakutan. Sebelum para awak penyelamat dari Amerika dapat menyelidiki lebih lanjut, kapal itu tiba-tiba terbakar,yang membuat para kru melarikan diri dan kembali ke kapal mereka.Setelah itu, Medan Ourang dikatakan meledak dan kemudian tenggelam.
Sementara beberapa dugaan dari kisah Medan Ourang masih banyak diperdebatkan, ada beberapa teori yang diusulkan mengenai apa yang mungkin telah menyebabkan kematian para awak kapal. Yang paling populer ini adalah bahwa kapal itu secara ilegal mengangkut nitrogliserin atau semacam obat ilegal saraf yang mematikan.Ada juga yang mengatakan kapal itu menjadi korban serangan UFO dan tumbal dari jenis acara paranormal.
4.The Carroll A. Deering
 

Mungkin yang paling terkenal kapal hantu dari pesisir Timur adalah Carroll A. Deering, sebuah kapal yang kandas di dekat Tanjung Hatteras, North Carolina pada tahun 1921. Kapal baru saja kembali dari perjalanan komersial untuk mengirim batubara ke Amerika Selatan, dan itu terakhir kali terlihat di selatan Hatteras oleh sebuah kapal suar di dekat Cape Lookout.Kemudian kapal itu kandas di Diamond Shoals, sebuah wilayah yang terkenal karena menyebabkan banyak kapal karam, dan terjebak di sana selama beberapa hari sebelum bantuan bisa mencapainya.
Ketika bantuan tiba, Coast Guard menemukan bahwa kapal itutelah kosong. Peralatan navigasi dan buku catatan hilang, dan juga dua sekoci, dan tidak ada tanda-tanda apapun. Sebuah penyelidikan besar-besaran dilakukan oleh pemerintah AS, yang menemukan bahwa beberapa kapal lainnya telah menghilang secara misterius pada waktu yang sama.
Beberapa teori diutarakan, yang paling masuk akal adalah bahwa kapal itu menjadi korban bajak laut.Namun ada pula yang beranggapan telah terjadi pemberontakan, karena diduga banyak yang memusuhi sang Kapten, tapi tidak ada bukti yang ditemukan. Misteri kapal hantu yang mengelilingi telah mendorong banyak spekulasi bahkan paranormal dituding ikut bertanggung jawab atas hilangnya para kru kapal ini.
5. The Baychimo
 

Salah satu kasus yang paling menakjubkan dari kehidupan nyata mengenai kapal hantu Baychimo, sebuah kapal kargo yang ditinggalkan dan dibiarkan melayang di dekat laut Alaska selama hampir empat puluh tahun. Kapal ini dimiliki oleh Perusahaan Teluk Hudson, dan diluncurkan pada awal 1920-an dan digunakan untuk perdagangan pelts dan bulu dengan Inuit di utara Kanada. Tapi di tahun 1931, Baychimo terperangkap dalam lautan es dekat Alaska, dan para kru akhirnya dipindahkan keluar ke tempat yang aman. Setelah badai salju, kapal itu berhasil melepaskan diri dari es, tapi keadannya rusak parah dan kemudian ditinggalkan dan dibuang oleh Perusahaan Teluk Hudson, yang beranggapan jika kapal itu tidak akan mampu bertahan selama musim dingin dan akan rusak dengan sendirinya lalu tenggelam.
Herannya, Baychimo berhasil tetap bertahan, dan selama 38 tahun, itu tetap terapung di perairan Alaska. Kapal itu menjadi semacam legenda setempat, dan sering terlihat mengambang tanpa tujuan di dekat perairan es yang membeku oleh para penduduk Eskimo dan kapal lain. Beberapa orang ingin mencoba untuk menaiknya beberapa kali, tapi kondisi terlihat mustahil. The Baychimo ini terakhir terlihat pada tahun 1969, sekali lagi terlihat tengah terjebak di dalam es Alaska, tetapi sejak itulah kapal Baychimo menghilang. Kapal itu diyakini telah tenggelam di tahun-tahun itu, namun baru-baru ini beberapa ekspedisi telah diluncurkan dalam rangka mencari kapal yang diduga telah hampir 80 tahun berlayar tanpa awak itu.

6. The Octavius
 

Cerita tentang Octavius tetap salah satu yang paling terkenal dari semua cerita kapal hantu. Cerita bermula pada tahun 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap ikan paus yang disebut Herald tidak sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. Awak kapal dari Herald naik Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua beku oleh dinginnya suhu Artik. Yang membuat semua heran,adalah ketika para kru Herald menemukan kapten kapal masih duduk di mejanya, tengah menyelesaikan sebuah entri log dari tahun 1762, yang berarti Octavius telah terapung selama 13 tahun. Menurut dugaan, sang kapten dari kapal Oktavius ingin membuat kapal cepat kembali ke Inggris dari Timur melalui Northwest Passage, tetapi malangnya kapal malah terperangkap di dalam es. Jika benar, ini berarti Octavius telah berlayar dari perairan Atlantik sebagai kapal tanpa awak,karena para awak dan kapten telah membeku.

7.The Joyita
 

The Joyita adalah perahu sewaan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal itu mengangkut 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau.Kemudian sesuatu terjadi,yang kemudian dilaporkan jika Joyita yang seharusnya telah sampai di tujuan mendadak hilang.. Upaya penyelamatan pun diluncurkan dan sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tetapi gagal menemukan kapal tersebut. Lima minggu kemudian kapal dagang melihat Joyita hanyut sekitar 600 mil dari tempat asalnya. Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau kehidupan.Kapal itu juga dalam keadaan rusak cukup parah pada satu sisi. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel pada tanda bahaya universal, dan pencarian berikutnya dari geladak ditemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa bajak laut membunuh para penumpang dan melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi klaim lain termasuk segala sesuatu dari pemberontakan dan penipuan untuk mendapatkan keuntungan asuransi.
 
8. The Lady Lovibond
 

Inggris memiliki mitos tentang kapal hantu dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. Sebagai jalan ceritanya,kapten dari kapal Lady Lovibond , Simon Peel, baru saja menikah, dan memutuskan untuk membawa pasangan hidupnya berlayar di atas kapal untuk merayakannya.Beberapa kepercayaan bahwa membawa seorang wanita di atas kapal untuk berlayar adalah nasib buruk.Kapal ini mulai berlayar pada 13 Februari 1748.Pada saat pesta para kru menjadi marah dan cemburu karena adanya wanita,yang kemudian salah satu kru sengaja mengarahkan perahu ke Goodwind Sands, sebuah tempat yang banyak menyebabkan kecelakaan kapal. Lady Lovibond pun tenggelam dan menewaskan semua penumpang. Cerita tidak berhenti sampai segitu saja,sejak kecelakaan Lady Lovibond itu, kapal ini muncul ke permukaan tahun 1798. Dan kejadian itu terus berulang setiap 50 tahun. .Hal ini terlihat pada tahun 1798 oleh beberapa kapten dari kapal berbeda, serta pada tahun 1848 dan 1898, ketika itu sebuah kapal melihat kapal itu dan berniat untuk menolongnya,karena menurut kapten kapal,ada sebuah kapal yang terlihat kesusahan berlayar.Namun setelah dihampiri,kapal itu menghilang. Lady Lovibond kembali terlihat pada tahun 1948, dan kemudian tidak ada lagi penampakan di tahun 1998,kapal ini terus menjadi salah satu yang paling terkenal di Eropa.
 
9.The Mary Celeste
 

Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu dalam kondisi layak berlayar, dengan semua layar masih terjaga Kapal tersebut berada di lautan selama enam bulan lamanya namun persediaan makanan di dalamnya tetap utuh. Muatan barangnya terlihat tak tersentuh dan barang-barang pribadi milik penumpang serta kru tetap berada di tempatnya, termasuk barang-barang berharga.Para kru tak pernah terlihat ataupun terdengar lagi. Menghilangnya mereka sering disebut-sebut sebagai misteri bahari terbesar sepanjang masa. Sejumlah teori telah diutarakan mengenai kemungkinan hilangnya kru Mary Celeste.Dikatakan mereka tewas akibat puting beliung,awak yang memberontak, atau bahkan makan tepung yang terkontaminasi dengan jamur yang membuat berhalusinasi dan menjadi gila dan kemudian mati.  

10. The Flying Dutchman
 

Dan inilah legenda dari semua kapal hantu yang ada,Flying Dutchman, yang telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an.Menurut cerita rakyat , The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan , kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup.Banyak sekali para pelaut yang mengatakan pernah melihat kapal ini. Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk,sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan . Tetapi sang kapten tidak mau ,lalu dia berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku , atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam. Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon , Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia. Untuk lebih lengkapnya silahhkan baca tentang Misteri FLying Dutchman,Sang Pengarung Samudera Abadi

13 komentar:

Ladida mengatakan...

saya kira Flying Dutchman cuma ada di film kartun , eh ternyata benar2 ada . , :e:

bagus bro infonya . , kalo yg SS Valencia saya sudah pernah baca sebelumnya . , :c:

sibutiz mengatakan...

ya ya ya,enak banget baca artikel yang beginian...
bagus gan,membuat mata jadi melek lagi...

hhe hhe,kalau saya magh pernah baca tu kapal ourang medan dan sama begitu gan...

admin mengatakan...

terima kasih atas komentarnya ya....
ourang medan itu kaya nama dari Indonsia ya

semut mengatakan...

nice info sob.....:c:

Noubi noku mengatakan...

wooow saya kira iu cuman ada di film spongebob hehehehehe keep posting sob aku ada di no 120 :b:

topjer mengatakan...

Black Perl kapale Jack Separo kok gak masuk sob???

admin mengatakan...

black pearl memang asli ada...kapal itu milik bajak laut bernama John Rackham atau dikenal "Calico Jack"

Yafiz mengatakan...

http://lh5.ggpht.com/_mWNaJ9OwpbA/TFEyRdNOFCI/AAAAAAAAAcE/jOA4s8-L_ZY/s128/m121.gif mantabs...ceritanya

New Trik Tips Komputer mengatakan...

waw, kayak cerita film ya

Ferdys mengatakan...

mengerikan... hihihihi

admin mengatakan...

hehehhe...pengen ketemu gak???atau pengen lihat langsung gitu???

Antri yuwono mengatakan...

wew, baru tau kalo ada kapal hantu....

silpianimers mengatakan...

ijin copas yaa >< thanks infonya

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...