Senin, 01 November 2010

Keistimewaan Kucing

Para sobat blogger pasti pernah atau sering lihat kucing berantem di atas genteng rumah kita.Braak.. Bruk Brak Bruuk... kemudian salah satu dari mereka jatuh.Namun yang membuat kita heran adalah mereka tidak mengalami luka sesaat mereka jatuh.Hebat bukan? Mungkin kalau yang berantem dan jatuh dari genteng adalah kita,bisa dipastikan sudah mengalami luka-luka atau bahkan patah tulang. Di bawah ini sedikit saya mau memberikan penjelasan mengapa kucing tidak mengalami apa-apa setelah jatuh dari tempat yang tinggi.
Rahasianya adalah kucing (dan beberapa hewan lainnya) punya apa yang disebut dengan terminal velocity,yaitu sebuah titik di mana berat benda sama dengan resistansi udara. Jadi ketika kucing berhenti berakselerasi,bisa disebut ini adalah kecepatan puncak tidak fatal. Untuk kucing berada dikisaran 100km/jam, sedangkan manusia sekitar 195 km/jam. Kucing memiliki sistem keseimbangan dan koordinasi yang luar biasa. Sistem inilah yang membuat kucing ketika jatuh, akan menyadari dalam posisi apa dia jatuh.

Ketika dia jatuh dalam posisi terbalik, dia akan segera memutar tubuh sehingga kakinya berada di sebelah bawah, dan bersiap untuk mendarat.Kemudian setelah itu segera meregangkan kakinya sehingga angin menahan jatuh tubuhnya. Dan saat bersentuhan dengan tanah, kakinya langsung ditekuk supaya mengecilkan efek jatuhnya.

Ada sebuah kisah dimana kucing jatuh dari tingkat 9 namun tetap selamat,mungkin ini awal mula disebutkan jika kucing memiliki 9 nyawa.Rekor tertinggi kucing jatuh adalah dari lantai 46,ini terjadi di gedung tingkat New York. Beberapa peneliti New York pun telah melakukan sebuah penelitian bahwa kucing yang jatuh dari ketinggian lebih dari lantai 7 tidak mengalami cedera,berbeda dengan kucing yang jatuh dari lantai 7 kebawah yang banyak kemungkinan terjadinya cedera. (tapi menurut saya tergantung juga tinggi tiap lantainya sih)



Alasan dari para peneliti adalah saat kucing jatuh, sesuai hukum fisika, kecepatan jatuh si kucing makin bertambah.Kemudian saat kecepatan jatuh kucing mencapai terminal velocity, di saat itulah kucing merasa paling rileks dan nyaman. Maka dia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efek jatuhnya. Itulah keistimewaan dari kucing.Namun kita jangan sekali-kali melempar mereka ke atas atau dengan sengaja menjatuhkannya dari ketinggian ya..karena kucing diciptakan bukan untuk terbang.

3 komentar:

kisah abu nawas mengatakan...

kucing ini hewan hebat dan keramat sob menurut kebanyakan orang.

robbie ismail mengatakan...

Kucing memang hebat, memanjat dari satu ranting pohon kepohon yang lain tanpa ada rasa takut. loncat dari satu genteng rumah ke genteng rumah yang lain tanpa takut cidera.

Rt-qaH mengatakan...

hehehe..kalau kita yang jatuh macam kucing confirm hancur tulang kita kn.. :D

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...