Senin, 29 November 2010

Tips Penggunaan dan Perawatan Laptop


Sedikit mau berbagi tips Penggunaan dan Perawatan Laptop :
· Lakukan defrag secara teratur
Semakin cepat kinerja hard drive maka semakin hemat baterai laptop, oleh karena itu buat hard drive seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur. Cara mendefrag klik START, kemudian All programs lalu Accessories, pilih Sistem Tools dan klik Disk Defragmenter. Lalu lakukan defrag untuk masing-masing partisi pada laptop. Lakukan disk defragment ini secara rutin. Jika hal ini belum pernah dilakukan maka hal ini akan cukup memakan waktu.
· Kurangi cahaya monitor
Untuk menghemat energi baterai, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata kita. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard seperti laptop Accer dengan menekan key Fn dan ◄secara bersamaan. Semakin sedikit pencahayaan semakin panjang masa menggunkan batery.
· Hindari menyambung kabel terus-menerus
Kebiasaan mencolokkan kabel saat baterai telah penuh adalah awal kerusakan baterai. Jika baterai telah penuh lepaskan kabel pengecasan. Maka selalu awasi kode lampu yang menunjukkan baterai telah penuh, segera lepaskan kabelnya. Sehingga laptop bekerja dengan baterai. Selain itu kita juga dapat melepas baterai dan hanya menggunakan listrik saja, namun ini beresiko kehilangan data jika listrik mendadak mati.
· Matikan program yang tidak perlu
Jika kita tidak menggunakan program tersebut sebaiknya matikan saja, misalnya: Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Program-program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika sedang menggunakan laptop dengan baterai.
· Matikan hardware eksternal
Alat-alat eksternal yaitu yang disambung dengan USB (termasuk mouse dan cooling pad anda) dan WiFi, atau printer yang selalu terpasang ke Laptop, semuanya menyedot tenaga baterai. Cabut atau matikan.
· Ganti mouse dan keyboard wireless
Jika anda memang harus menggunakan mouse dan keyboard ekternal, maka gunakan perangkat yang menggunakan kabel bukan wireless mouse. Hal ini dikarenakan mouse dan keyboard yang memiliki kabel relative menghabiskan sedikit energi dan lebih menghemat penggunaan baterai.
· Tambahkan RAM
Jika kita sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, sebaiknya kita menambah RAM laptop. Penggunaan virtual memory lebih membebani hard drive sehingga baterai laptop lebih cepat habis.
· Gunakan hard drive daripada CD/DVD
Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Jika memungkinkan simpan dalam harddisk. Akan lebih baik jika menggunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.
· Jaga kebersihan baterai.
Coba buka baterai yang terdapat dibagian bawah laptop dan bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai menjadi lebih efisien.
· Jaga kondisi baterai.
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop  Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.
· Pilih hibernate, jangan standby
Seringkali kita membuat laptop dalam mode standby sehingga dapat langsung aktif saat disentuh walaupun ditinggal tidur. Hal ini memang menghemat baterai dan  dapat langsung menggunakan laptop  kapan saja. Tetapi sebenarnya laptop tidak benar-benar mati.
Maka, sebaiknya gunakan fungsi hibernate yang dapat menghemat energi listrik jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop jika tidak disentuh dalam kurun waktu yang  ditentukan sendiri.
Untuk melakukan hibernate bisa dilakukan pada control panel atau pada layar depan dengan mengklik kanan dan mengambil Properties, Screen Saver, dan pilih Power yang berada di kanan bawah. Silahkan atur waktu hibernation-nya.
Setelah hibernate, jika kita menekan tombol power, ia akan kembali seperti sebelum saat mati. Jadi kita dapat meneruskan tugas atau tulisan seblumnya
· Jaga suhu laptop
Laptop akan berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Maka bersihkanlah ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard. Bila menggunakan pelindung keyboard, lepaskan jika suhu terasa meningkat.
· Jangan menggunakan laptop di tempat tidur
Bila bagian bawah laptop tertutup hal ini akan meningkatkan suhu laptop. Jadi menggunakan laptop dengan beralaskan bantal adalah suatu ide yang buruk karena akan menutupi ventilasi udara.sebailnya gunakan meja kecil jika benar-nrmat ingin memakainya di atas tempat tidur
· Atur ‘power options’ supaya optimal
Pilih ‘Power Options’ di control panel  dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal (pilih Max Battery) untuk efek maksimum).
· Hindari multitasking
Lakukan sesuatu secara satu persatu jika sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika memang ingin menghemat baterai  karena hal ini menguras energi.
· Kurangi beban CPU
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan winamp apalagi game atau menonton DVD, pasti cepat habis. Jadi pilih prioritas dengan bijaksana.
· Kurangi beban grafis
Bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.
· Matikan computer
Jika tidak menggunakannya untuk beberapa jam, seperti di waktu tengah malam sebaiknya ya matikan saja atau dengan men-setting fungsi management power pada computer Anda untuk membuat monitor dan computer (CPU, harddisk, dan sebagainya) dalam mode ‘sleep’ setelah beberapa jam tidak digunakan. Hal tersebut dapat menghemat energi ketika kita tidak aktif menggunakan computer.
· Beli baterai baru
Bila laptop tetap tidak bisa tahan, kemungkinan baterainya telah rusak.Ada langkah yang cukup bagus dengan cara membeli baterai baru dan menghindari semua kebiasaan buruk terutama menggunakan laptop saat dicolokin ke listrik.
· Beli laptop baru
Namun jika langkah diatas juga tidak ”mangkus” mungkin cara terakhir ini cara mungkin yang paling mudah namun bukan berarti paling murah. Jadi jika punya budget yang cukup beli aja laptop baru. Saat ini telah hadir laptop yang semakin efisien telah mencapai suatu titik dimana bahkan para produsen kini telah berani menjanjikan baterai yang dapat tahan satu hari penuh. Tapi selama kita tidak melakukan kebiasaan buruk saat berlaptop di atas.
Tips Tambahan:
Saat baterai yang cukup penuh,sebaiknya matikan fungsi autosave ketika menggunakan MS Word atau Excel karena mereka dapat menambah beban yang tidak diperlukan pada hard drive . Dan sebaliknya ketika baterai laptop sudah hampir habis, sebaiknya aktifkan kembali fungsi autosave karena kita tidak akan pernah tahu kapan baterai laptop benar-benar habis. Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu saja kita tidak ingin pekerjaan  hilang bukan? 


Sumber : Misteri dunia

20 komentar:

Kolase Cinta Corp mengatakan...

pertamaxxxx gan, nice info. kebetulan baru beli laptop,hehehe

Faril mengatakan...

soal hibernate sama standby..sepertinya pengertiannya kebalik...

SyahidaComputer mengatakan...

Tips yang bermanfaat shob ...

admin mengatakan...

@faril : maaf..saya juga gak paham laptop..hahhaa..posting itu sekedar sharing aja
:c:

topjer mengatakan...

hik,, gak punya laptop,

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

makasih sob, langsung dipraktekkan tipsnya.

Dimas mengatakan...

hahaha...saya masih nabung juga buat beli:f: laptop

syamsul rijal mengatakan...

bagi yang punya laptop ini tips yang paling mantap...ijin save kawan

Unknown mengatakan...

salam sahabat
wah bagus tips penggunaan dan perawatan laptop sangat bermanfaat buat saya karena saya hampir lebih sering ol memakai laptop,makasih yach

admin mengatakan...

sama sama..

Anak Nelayan mengatakan...

mantab langsung praktek

Gatel Band mengatakan...

mansteb sob, cuma mo nambahin (share) sedikit, kalo lg ngenet diusahakan gelas kopi/teh di jauhkan dari laptop (kalo bisa diletakkan dimeja jg lain),
thank's U

Faril mengatakan...

dor...pengertian hibernate sama standby di artikel ini bener kog...hahay..
:f::f:

Bejo mengatakan...

mau nanya saja, kalau laptop yang tidak ada kartu grafisnya trus kita mau ngasih kartu grafis bisa ndak?

salam human. hahaha

Jana Virananda mengatakan...

Tipsnya bagus-bagus, gambarnya juga keren :f:

Saya mau tanya dong cara buat emoticon monyet kayak gini di komentar, :a:

admin mengatakan...

hahha..tuh kan pada tanya macem2...:c:

Faril mengatakan...

jiahahah,,la kamu bikin artikel tips..pasti mereka pada mikir kamu tahu semua tips itu secara mendalam..
tapi tenang aja,, berhubung kamu Admin di sini,,kamu jawab apa aja asal sesuai logika,pasti mereka percaya..qiqiqi
smanagt..banzai

sibutiz mengatakan...

thx ya kawan,saya save soalnya
saya gak pake laptop...

admin mengatakan...

haahhaha...bener tuh,saya jawab apa yah enaknya (lho??):g:

Unknown mengatakan...

waah,... suhu laptop saya kadang panas sekali,...

ternyata menjaga suhu itu sangat penting ya... :c:

Posting Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...