Jumat, 12 November 2010

10 Manfaat Senyum

Senyum mungkin bagi kita adalah hal yang sederhana dan mudah, cukup menarik sudut bibir ke arah samping dan menampakkan sedikit deretan gigi. Namun tidak sesederhana itu, kadang tersenyum saat-saat tertentu sangatlah sulit. Terlebih jika kita sedang tidak “mood” untuk tersenyum.
Senyum mempunyai hubungan erat dengan karakter seseorang, karena tidak sedikit ditemukan sifat individu yang “murah senyum”. Senyum banyak dikaitkan dengan perasaan hati, kondisi jiwa dan mood. Senyum dapat mempengaruhi kesehatan, tingkat stres dan daya tarik kita. Senyum juga dipercaya sebagai salah satu jalan jika ingin awet muda. 
Dibawah ini ada beberapa manfaat dari senyum, di antaranya yaitu :
1.Senyum membuat kita lebih menarik.Bukankah kita akan selalu tertarik pada orang yang tersenyum? Orang yang tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita , tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.

 2.Senyum mengubah mood kita. Ketika kita merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood kita akan berubah menjadi lebih baik.
 
3.Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum. Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka kita akan disukai oleh banyak orang.
 
4.Senyum dapat mengurangi stres. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa “down”. Jika kita sedang stres cobalah untuk tersenyum, maka stres kita akan berkurang dan akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya.
 
5.Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda. Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika kita tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan kita akan menjadi lebih rileks.

  6.Senyum menurunkan tekanan darah anda. Ketika akita tersenyum, maka tekanan darah akan menurun. Jika tak percaya,boleh mencobanya sendiri.  

7.Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami.
 
8.Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat terlihat lebih muda. Jika kita ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyuman kita sepanjang hari, maka kita akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.  

9.Senyum membuat kita tampak sukses. Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat melakukan pertemuan dan saat ada janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat kita akan merasakan sesuatu yang berbeda.  

10.Senyum membuat kita tetap positif. Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika anda tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh anda bahwa “hidup anda saat ini baik-baik saja”.
    Maka jauhkan diri kita dari depresi, stres dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu “senyum”, tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat. Jika berlebihan, maka orang lain akan menganggap kita kurang waras. Satu hal lagi karena dengan tersenyum kita mendapatkan satu nilai shadaqah.Sudahkan kita tersenyum hari ini?

    15 komentar:

    idea mengatakan...

    aku harus senyum dengan blog ini?
    memang pantas aku senyum dengan blog ini?

    Hitech mengatakan...

    Senyum memang menyehatkan asal pada tempat dan waktu yang tepat..nice article

    kyle mengatakan...

    manfaat ke-11: senyum umpama titian dlm kehidupan :)

    admin mengatakan...

    wuah...bagus itu sob:a:

    Anonim mengatakan...

    manfaat senyum untuk
    dapat uang ada lah ???
    ckckckckc..."
    :b:

    Unknown mengatakan...

    Sangat setuja sekali, wow keren banget! ....

    Madhek.com | Kesehatan Keluarga | Info IT

    admin mengatakan...

    ada donk..itu buktinya iklan pasta gigi kan dia senyum...dapat uang juga ka????hehehehe :i

    sibutiz mengatakan...

    mari kta semua tersenyum karen banyak manfaatnya.
    Ibadah lagi..

    Bejo mengatakan...

    Keep smiling and peace

    salam human. hahaha

    admin mengatakan...

    setuju..senyumjuga merupakan ibadah..
    salam human juga...hahahhah :f:

    Unknown mengatakan...

    tdak salah agama Islam mengajarkan senyum adalah ibadah . , :f:

    ternyata senyum banyak manfaatnya yah . , :h:

    admin mengatakan...

    senyum pun mendapat pahala ya...:l:

    enda fivers mengatakan...

    Saya sangat suka artikel ini...
    ALhamdulillah saya juga suka senyum... :) :)

    hehe :c:

    admin mengatakan...

    terima kasih untuk senyumnya...:f:

    Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

    Alhamdulillah sudah.. pas baca postinganmu ini aku sambil senyum :i:

    Posting Komentar

    Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...