Kamis, 04 November 2010

Tips Membeli & Merawat Sepatu



















Sepatu merupakan kebutuhan pelengkap yang sering kita pakai.Bahkan rata-rata orang sekarang lebih banyak menggunakan sepatu dalam kegiatannya.Namun adakah yang tahu cara merawat sepatu yang benar agar awet dan tidak mudah rusak? Sedikit saja saya mau berbagi tips untuk merawat sepatu.Namun sebelum itu,saya mau berbagi juga tips bagaimana saat kita akan membeli sepatu.
  • Saran saya yang pertama adalah lebih baik membeli sepatu pada sore hari saja.Alasannya begini,pada saat sore ukuran kaki kita cenderung membesar dibandingkan saat pagi,siang atau malam hari.Mungkin ini dikarenakan aktivitas kita yang telah dilakukan seharian untuk berjalan.
  • Jika kita terbiasa menggunakan kaos kaki saat menggunakan sepatu,sebaiknya saat membeli sepatu pun dan mencobanya kita juga memakai kaos kaki pula.Ini dimaksudkan agar kaki tidak merasa terlalu sempit saat mencoba.
  • Saat mencoba sepatu,sebaiknya dua kaki kita mencoba memakainya.Kemudian saat mencoba jangan hanya duduk atau berdiri saja,tapi coba gunakan sepatu baru itu untuk berjalan-jalan (asal jangan jalan ke luar tokonya ya !!).Perlu diketahui,kaki kita umumnya besar sebelah.Kalau kebetulan saat mencoba di kaki yang berukuran besar,tidak masalah.Namun bagaimana jika kita mencoba di kaki yang berukuran kecil???bisa-bisa kaki sebelahnya terasa kesempitan dan akan membuat lecet.
  • Kemudian supaya kaki terasa nyaman,pilih sepatu yang mempunyai sedikit ruang di depannya.
Nah..kemudian untuk merawat sepatu seperti ini :
  • Sebenarnya mudah dan sederhana saja.Pertama bersihkan sepatu sedikitnya dua kali seminggu.Jika sepatu kita terbuat dari kulit,bersihkan dengan lap basah kemudian semir.Namun jika sepatu kita terbuat dari kanvas,sikat lah perlahan dengan sikat cuci.
  • Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari, karena keringat dan kotoran dari kaki yang bersinggungan dengan sepatu akan mempercepat kerusakan sepatu. Selingi pemakaian dengan sepatu lainnya sebelum kita memakainya kembali.
  • Jika sepatu basah, lepaskan talinya (untuk sepatu bertali), keluarkan lidahnya, dan letakkan di depan kipas angin. Jika sol dalam memang bisa dicopot, keluarkan juga. Kemudian jemur sampai kering.
  • Jika sepatu terlihat mulai rusak,segera bawa ke tukang sol sepatu.Jangan menunggu sampai sepatu rusak parah.Namun jika sekiranya masih bisa diperbaiki sendiri,lakukan saja semampu kita.Seperti mengelem rekatan yang hampir lepas dengan cara bersihkan dulu bekas lem lama dengan mengamplasnya, lalu aplikasikan lem sepatu ke bagian yang lepas dan rekatkan kembali. Tekan kuat-kuat bagian yang masih basah sampai kering.
Semoga bermanfaat...

8 komentar:

N3773H mengatakan...

Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari
ini dia yang repot.... sepatu cuman atu hehehe

baiklah, kebetulan dah sore.. mau nyari sepatu dulu :)

N3773H mengatakan...

Btw, thanks untuk tips nya

penghuni60 mengatakan...

berkunjung sobat,
wah dpt tips bermanfaat nih...
aku paling suka pake spatu
thnks ya tipsnya, ditunggu lg kunjungannya

admin mengatakan...

ya...sama2...
oke tunggu kunjungan saya

Bang Koko mengatakan...

tips yang menarik......

salam knl kawan.......

jika berkenan silahkan mampir balik

Om-Digit mengatakan...

trima kasih tips nya kawan ,, lam kenal :)

achmad taher mengatakan...

merawat sepatu pekerjaan paling malas, mudah2an tips dr agan termotivasi agr lbh rajin ngarawatnya..

sepatu mengatakan...

makasih bnyak ya gan,jd tau cara memilihnya

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...