Minggu, 21 November 2010

Tips Merawat Flash Disk


Flashdisk dikenal sebagai pengganti disket,sebagai media penyimpan data.Kini pun flashdisk hadir dengan ukuran beraneka ragam dan menawan, serta kapasitas penyimpanan yang terbilang cukup besar dibandingkan dengan ukurannya. Selain itu Flashdisk mempunyai keunggulan dalam kemudahannya menambah dan menghapus data.
Di bawah ini sedikit saya ingin berbagi beberapa cara merawat Flashdisk kita agar lebih awet . Beberapa tips ini juga berguna agar data-data yang kita simpan tetap aman.

1. Jauhkan dari medan magnet yang kuat.
Barang-barang elektronik seperti TV dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet yang besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flashdisk dan handphone di tempat yang sama di dalam tas. Nah, mulai saat ini jika ingin flashdisk berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat yang sama.
2. Jangan terkena air.
Walaupun ada beberapa produsen flashdisk yang mengklaim bahwa produknya waterproof (tahan air), menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada datanya hilang atau flashdisk-nya mengalami kerusakan, sehingga lebih baik jangan ambil resiko untuk hal ini.
3. Melakukan scanning virus.
Pada saat pengambilan data atau pemindahan data dari PC ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah, tetapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Terlebih apabila kita mengambil dan menyimpan data dari internet, flashdisk bisa dipenuhi dengan virus-virus yang sangat mengganggu. Jadi jangan lupa melakukan scanning virus secara berkala dengan perangkat lunak antivirus yang paling baru.
4. Lakukan proses eject dan stop.
Selalu lakukan proses eject dan stop sebelum mencabut flashdisk dari port usb komputer kita. Selain bisa menjadikan flashdisk rusak secara fisik, tidak melakukan proses eject dan stop juga dapat mempengaruhi kerusakan pada data-data yang ada di dalamnya.
5. Jauhkan dari tempat yang panas.
Semua barang elektronik tidak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas, apalagi bila terkena matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya di tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung.
6. Hindari dari benturan yang keras.
Flashdisk yang terkena benturan keras, seperti jatuh berkali-kali memiliki resiko besar untuk kehilangan data atau akan mengalami kerusakan secara fisik. Jadi harus berhati-hati memegangnya jangan sampai jatuh di tempat yang keras.
7. Usahakan agar selalu tertutup.
Udara dan lingkungan kita penuh dengan kotoran dan debu. Jika flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Sehingga apabila tidak sedang dipakai, usahakan agar selalu tertutup agar tidak kotor.
8. Minimalisir proses hapus tulis (write and delete).
Sama seperti kita, flashdisk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda,tergantung kualitas flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000 – 100.000 kali proses hapus tulis. 
Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga jangan melakukan editing langsung dari flashdisk atau jika kita memiliki data yang banyak dan ingin meng-copy data tersebut ke dalam flashdisk, lebih baik data-data tersebut dikompres menjadi satu terlebih dahulu dengan menggunakan program yang sudah ada seperti Winzip, WinRar, atau program lain yang sejenis.
9. Berilah gantungan seperti gantungan kunci pada flashdisk kita.
Ini sangat berguna agar Anda tidak tidak lupa dimana menyimpannya, karena bentuknya yang relatif kecil. Juga berguna untuk membantu tangan dalam memegang flashdisk yang ukurannya sangat kecil.

Semoga bermanfaat ...

13 komentar:

sibutiz mengatakan...

wach,info keren nich gan..

oya,maaf ya bru berkunjung lagi cz habis melakukan permbakan total di blog saya termasuk mkembali ke blogspot.com
thx.

admin mengatakan...

oke..sama2

Udiee cii Badudt Ndudd mengatakan...

waahh.. yang begini nih saya butuh nih ;)

yudie

assyafieq mengatakan...

mantap sob...memang bukan flashdisk saja yang perlu dirawat...tapi segala sesuatu yang ada pada kita miliki harus dijaga dan dirawat..

RAVE67-GIGIH mengatakan...

gitu ya sob... matur nuwun sob

admin mengatakan...

betul itu sob,terima kasih sudah berkunjung ya...

robbie ismail mengatakan...

wah ternyata ada cara merawat flash disk,ya ? Sy kira ndak ada tips seperti ini ? Hmm ya ya ya Baeklah trims ya sob udh postingan berita yang menarik sekali bagi saya. Mantap brur..^_^

syahida mengatakan...

Tips yang menarik ....

History Blog mengatakan...

wahh,,, kalo jatuh bahaya donk....

dhymalk_dhykta mengatakan...

wah tips nya mantap gan...makasih

admin mengatakan...

sama sama..

Motor Controller mengatakan...

Great page! Your blog is great for anyone who wants to understand this subject more. Great stuff; please keep it up!

gps reviews mengatakan...

You clearly know so much about the subject, you have covered so many bases. Great stuff from this part of the internet. Again, thank you for this blog.
http://www.gpsreviews.net/ provides gps reviews which will alert you to obstructions before you actually start driving, which can save much time and energy.

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...