Jumat, 05 November 2010

Tentang Patuh Kepada Orang Tua

  • Al Mughirah ra. menerangkan bahwa Rasulullah saw.bersabda, "Allah telah melarang keras (mengharamkan)kamu mendurhakai ibu,melarang berbuat kikir,dan mengubur anak perempuan.Allah membenci kalian yang terlalu banyak bicara begini dan begitu,banyak bertanya serta membuang-buang harta tidak pada tempatnya."
  • Anas bin Malik ra. berkata : Rasulullah saw pernah menyebut dosa-dosa besar,atau pernah ditanya seseorang tentang hal itu.Beliau berkata, "Menyekutukan Allah,membunuh manusia,mendurhakai orang tua." Setelah itu beliau berkata, "Akan kuberitahukan kepadamu dosa-dosa yang paling besar.Yaitu perkataan bohong atau kesaksian palsu."
  • Abdullah ra. berkata : Aku bertanya pada Rasulullah saw., "Wahai Rasul,amalan apakah yang disukai Allah?" Jawabnya, "Shalat tepat pada waktunya." Tanyaku lagi, "Kemudian apa lagi?" Jawab beliau, "Berbakti kepada ibu dan ayah." Tanyaku, "Kemudian?" Jawabnya, "Berjuang di jalan Allah."
  • Abu Hurairah menerangkan bahwa datanglah seorang pria menghadap Rasulullah saw. dan bertanaya, "Wahai Rasul,siapakah teman yang berhak untuk kujadikan sahabat yang baik?" Jawabnya, "Ibumu." Tanya orang itu lagi, "Sesudah itu siapa lagi?" Jawabnya, "Ibumu" Tanya orang itu, "Sesudah itu?" Jawabnya, "Ibumu" Tanya orang itu lagi, "Sesudah itu siapa lagi?" Jawab Rasul "Ayahmu."
  • Abdullah bin Amr ra. berkata : Seseorang laki-laki berkata kepada Rasulullah, "Aku pergi berjuang." Rasulullah bertanya, "Apakah kedua orang tuamu masih hidup?" Jawabnya, "Masih." Rasulullah saw berkata, "Berjuanglah menjaga orang tuamu!"
  • Abdullah bin amr ra. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Termasuk dosa paling besar bila ada orang yang mengutuk orang tuanya." Ada yang bertanya, "Ya Rasul,bagaiman orang mengutuk ibu dan ayahnya?" Jawab Beliau, "Jika seseorang mencaci ayah orang lain,lalu orang lain balas mencaci maki ayahnya dan ibunya."

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...