Jumat, 26 November 2010

Bila HP Basah


Kemungkinan ponsel terjatuh ke dalam air tanpa disengaja, atau basah kuyup ketika kita menerjang hujan.
Sebelum buru-buru memperbaikinya ke teknisi, ada baiknya kita berusaha terlebih dahulu menyelamatkan ponsel itu.Siapa tahu ponsel pulih tanpa perlu ke teknisi hp.

Sedikit ingin berbagi beberapa  tipsnya :


1.Jika ponsel  terendam air, keluarkan ponsel dari air secepatnya untuk mencegah komponen bagian dalam terkontaminasi air. Dalam beberapa kasus, casing ponsel memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal ini hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik.

2.Segera keluarkan baterai dari dalam ponsel. Memutus aliran sumber daya sangatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan ponsel. Beberapa sirkuit elektronik dinyatakan bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya.

3.Segera keluarkan juga kartu SIM Anda untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Kita tentu tak ingin phonebook atau SMS penting lenyap bukan? Biarkan kartu SIM sampai benar-benar kering sebelum mengecek kondisinya.

4.Keringkan ponsel sampai benar-benar kering. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Jika ada, gunakan juga pengering rambut atau hair dryer. Namun pastikan ponsel kita jangan sampai terlalu panas. Jangan pula meletakkannya di microwave. Ponsel yang terlalu panas dilaporkan bisa meledak.

5.Uji coba kondisi ponsel  setelah benar-benar kering. Jika ponsel ngadat, periksalah apakah ponsel atau baterai yang rusak, dengan memakai baterai cadangan. Jika hanya baterainya yang rusak, kita tinggal membeli yang baru.

Jika seluruh langkah tersebut telah dilakukan namun ponsel tetap mengalami kerusakan, apa boleh buat,tampaknya kita harus mengandalkan jasa teknisi ponsel. Namun ingat, kita harus mencari teknisi ponsel yang terpercaya.

    17 komentar:

    sibutiz mengatakan...

    Hmmm,makasih mas atas infonya....
    nambah pengetahuan....
    nice post n lilke it...

    syamsul rijal mengatakan...

    ilmu yang bermanfaat ni sob , saya mau berbagi pengalam ngga papa kan sob kebetulan satu bulan yang lalu HP saya juga pernah kena hujan cara saya dengan menjemur HP saya di panas matahari, ternyata berhasil juga , sebenarnya cara itu untung- untungan juga sob ......

    BRI Jakarta Veteran mengatakan...

    terima-kasih sahabat atas tipsnya. Salam

    admin mengatakan...

    terima kasih..
    @rijal : wah beruntung sekali

    Faril mengatakan...

    kalo teknisi angkat tangan..pake slogan LEM BIRU aja...LEMpar BelI yang baRU...hehe

    admin mengatakan...

    hahha...kalo orang tegal malah LEM KUNING....Lempar tuku Maning:c:

    anak nelayan mengatakan...

    mantab tipsnya sobat

    gatelband mengatakan...

    thank's info nya sob

    N3773H mengatakan...

    Iya betul bos... saya pernah menerapkan tips ini dan hp saya selamat :)

    Asis Sugianto mengatakan...

    ehmm makasih tipsnya sob,, kemarin hape teman saya jatuh ke dalam air,,, oya sob,, blog sobat lama banget loadningnya,,, modem saya sampai panas bukanaya,,,

    Felicia Putri mengatakan...

    Thanks infonya. Untung HP saya blm pernah kecemplung di air. Hehe

    admin mengatakan...

    eh????apa iya???bagaimana komentar sobat lain tentang blog saya???apakah lama loadingnnya???

    Yafiz mengatakan...

    Tipsnya sangat bermanfaat, thnkslah. mudhn hapeku yg semata wayang gak kecemplung air.



    Featuring: http://caraku-caramu-carakita.com

    K2C mengatakan...

    ada yang baru nich gan diblog ane, kunjungi dech

    Herry mengatakan...

    Nice inpoh gan...

    Zona Indonesia mengatakan...

    Pengalaman saya adalah setelah baterai dikeluarkan.. masukan HP kedalam kantung plastik dan kedap udara.. lalu simpan di lemari pendingin kira kira 15 menit (jangan dibagian freezer).. Trims

    admin mengatakan...

    hahhaa...mantap tuh komentarnya:g:

    Poskan Komentar

    Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...