Kamis, 30 Desember 2010

Otak Kita


Otak adalah titik penting dari semua mahluk, pusat pengelolaan informasi, penghubung dan pemikiran, emosi, juga aksi. Selain bagian paling utama dan penting dalam tubuh kita, otak ternyata masih paling sedikit dimengerti daripada bagian tubuh lainnya.

Otak masih menyimpan berbagai misteri yang ada dan masih tetap tidak terpecahkan sampai saat ini, misalnya mengenai ingatan, mengapa kita butuh tidur dan harus mimpi? apa itu kesadaran, semua jawaban atas pertanyaan ini belum ada jawaban tetap dan pasti. Tapi ada berbagai fakta soal otak yang sudah tersingkap, tapi tidak banyak dikenal. Misalnya :



http://dmradio.files.wordpress.com/2010/01/otak-manusia-jpg.gif

Otak mengkonsumsi sebagaian besar energi tubuh

 Walaupun hanya memiliki berat sebesar 2% dari semua berat badan kita, otak membutuhkan 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Lebih menarik lagi, sejumlah besar oksigen ini masih dibutuhkan ketika otak berisitirahat, dan masih belum diketahui juga jawaban atas pertanyaan, mengapa kebutuhan ini tetap ada. Untuk mensuplai kebutuhan ini, dibutuhkan 3 arteri utama, dan jika salah satu dari arteri ini macet, stroke adalah jawaban pasti! Selain energi, otak kita juga butuh tengkorak yang besar dan mewah jika dibandingkan dengan anggota badan lain.



http://indraaziz.net/wp-content/uploads/2008/12/part1-04-brainhemispheres.gif

Otak sudah tumbuh sempurna di usia 7 tahun

Perkembangan rumit dan sulit sudah tidak diragukan lagi. Otak kita sudah 95% dari ukuran penuhnya pada usia 7 tahun. Perkembangan ini mungkin menjawab pertanyaan mengapa energi yang masuk ke otak pada saat usia 2 tahun sudah membutuhkan energi sebesar otak orang dewasa. Otak pria lebih besar daripada otak wanita. Tapi, bukan berarti bahwa ada keuntungan tertentu bagi mereka yang punya otak lebih besar. Perbedaan ini muncul malah karena perkembangan tertentu di daerah tertentu. Misalnya wanita punya hippocampus yang lebih besar, yang ada kaitannya dengan bau dan ingatan, sementara pria, cenderung punya amygdala dan hypothalamus yang lebih besar.



http://studenthacks.org/wp-content/uploads/2007/10/brain.gif
Otak tidak merasa sakit

Mengapa orang bisa operasi otak tanpa dibius? Jelas banget! Otak nggak punya reseptor sakit, dan, akibatnya, tidak terasa sakit sama sekali! Sakit kepala bukan karena adanya rangsangan terhadap reseptor sakit di otak, tapi di selaput otak, yang disebut durameter, yang dipenuhi dengan reseptor rasa sakit, dan durameter inilah yang merasakan sakit pada saat kita pusing. Oleh karena itu ada banyak banget macam sakit kepala, dan penyebabnya juga masih tidak jelas.



http://didijunaedihz.files.wordpress.com/2009/11/otak.jpg

Kita menggunakan lebih dari 10% otak

Omongan jika kita hanya menggunakan 10% otak  sama sekali tidak benar! Berbagai teknik penjejakan otak menunjukkan bahwa sebagian besar tadi tidak terus diam saja. Berbagai aktifitas rumit yang ada akan menggunakan sebagain besar otak ini. Dengan mengamati efek trauma kepala, diperlihatkan juga bahwa tidak ada area dalam otak yang dapat menderita kerusakan tanpa adanya efek. Kerusakan sekecil apapun, efeknya akan besar, jadi dengan kata lain, sebenarnya kita menggunakan sebagian besar otak kita, dan mungkin, semuanya!



http://pujanggasyntax.files.wordpress.com/2009/05/image.png

Sel otak beregenerasi

Misteri, tentunya berasal dari berbagai mitos. Hal lain yang mungkin anda tahu soal otak, dan selama seabad ini berkembang, mengatakan bahwa sel otak tidak beregenerasi. Tapi, selama satu dekade belakangan, diketahui bahwa sel otak dapat memperbaiki diri

Beberapa  fakta lain yang luar biasa mengenai otak manusia:

1. Untuk menyamai kemampuan otak, maka kita harus membuat komputer yang besarnya bisa mencapai 5 kali ukuran lapangan sepak bola, padahal otak kita mampu melakukan fungsi luar biasanya hanya dengan tenaga listrik 23 watt 

 
2.Semua emosi/perasaan Anda, ternyata diproduksi oleh otak Anda. Tepatnya di sebuah bagian yang disebut dengan Amygdala.

 
3.Setiap hari ada sekitar 85.000 neuron yang hilang dari otak kita. terutama neuron-neuron yang tidak pernah kita pakai.

 
4.Besar otak seseorang tidak menentukan kepandaiannya. Seseorang disebut pandai tergantung dari seberapa banyak KONEKSI yang terjadi antar neuron.

 
5.Jika otak tidak mendapat oksigen selama 5-10 menit, otak akan mengalami kerusakan parah.

 
6.Otak TIDAK BISA membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Imajinasi Anda seringkali dianggap kejadian sungguhan oleh otak Anda. Inilah dasar ilmiah dari pentingnya melakukan visualisasi positif.

 
7.Sesuatu yang bersifat sangat emosional akan jauh lebih kuat terekam dalam memori otak kita.

 
8.Informasi bisa diproses oleh otak Anda secepat 120 meter/detik. Begitu cepatnya sampai Anda seringkali tidak sadar prosesnya.

 
9.Alkohol bisa memperlemah hubungan koneksi antar neuron yang membuat kemampuan berpikir dan memori Anda melemah.

 
10.Otak tidak memiliki sensor rasa sakit, sehingga otak tidak bisa merasakan sakit.
   

Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain.
 

Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar pada manusia, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

Inilah beberapa Cara membuat Otak Lebih Cerdas:
 

1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang kita lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang kita, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi.

7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

8. Hafalkan sesuatu yang kita sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

10. Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang kita kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang kita beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet kita sekarang? Kapan kita terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.

Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.
Otak manusia pada dasarnya merupakan komputer biologis. Ia membutuhkan makanan, oksigen, dan ia juga butuh latihan. Kita dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kekuatan otak dengan melatihnya, memodifikasi, atau bahkan memanipulasinya. Kita mungkin tidak akan menjadi seperti Einstein, namun hal ini juga bukan alasan untuk tidak membuatnya menjadi lebih baik. Hal-hal di bawah ini akan membuat otak kita bekerja lebih baik.

1. Ambillah dosis EPA secukupnya
EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.

2. Kerjakan sebuah teka teki
Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak  tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika kita tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

3. Pergi berjalan kaki
Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu  menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran kita tetap jernih.

4. Mempelajari bahasa baru
Mempelajari bahasa baru dapat mencegah sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

5. Tertawa
Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan kita tertawa setiap harinya.

6. Menjadi kreatifif
Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun kita yakin jika kita payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

7. Belajar melempar barang
Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler(pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

8. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda
Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).
Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran lita dari penjara pikiran “seorang dewasa”, kita akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, dan mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.  



Sumber : Misteri Dunia

12 komentar:

syamsul rijal mengatakan...

keren infonya sob jadi sedikit tahu ni tentang Otak Kita ....ijin save ya

WK mengatakan...

Makasih infonya,,!! Bermanfaat sob..,

Farix Sanquilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

waw keren juga otak kita bisa memakan itu semua... hhehe

admin mengatakan...

~oke..silahkan di save..
~terima kasih
~makan makan makan

assyafieq mengatakan...

memang otak itu ibarat sebuah pisau kalau tidak pernah diasah akan menjadi tumpul....

sibutiz mengatakan...

wach,mantabs dan komplit banget nich artikelnya..
makasih ya ka...

Kelpo mengatakan...

Gila ya, otak kecil seperti itu gunanya sebadak. Emang hebat ciptaan Tuhan

budiawanhutasoit mengatakan...

wow...komplit banget nih informasi mengenai otaknya.
thanks ya gan...

Faril mengatakan...

yang paling sering tak terapin ya poin nomor 11..harus teliti dalam pengeluaran,,hoho

setuju kalo otak kita digunakan lebih dari 10%..kata siapa kita cuman pake 2%,,emang orang itu udah meneliti dengan benar??jika hanya dipake segitu,lalu sisanya buat apa??

admin mengatakan...

@all : yap itulah otak kita

admin mengatakan...

@faril : katanya sih emang belum semua..kalo manusia bisa menggunakan 100% otaknya menurut cerita bisa menggerakan benda2:h:

Faril mengatakan...

hohoho,,jadi kayak profesor X ya...

itu mah cerita2,,emang ada yang beneran bisa nggerakin benda2 selain pesulap??

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...