Kamis, 09 September 2010

Tips Merawat dan Servis Motor Sendiri

Kadang kita malas untuk merawat atau menservis motor kita ke bengkel dengan berbagai alasan,mulai dari malas sampai biaya yang mahal.Sedikit saya akan berbagi cara menservis motor sendiri berdasarkan pengalaman saya.


Alat-alat yang di butuhkan :
1. set kunci ring kombinasi
2. kompresor udara
3. obeng min(-) dan ples(+)
4. kuas dan wadah plastik untuk tempat bensin
5. feeler ukuran 0,1 mm

Saya akan melakukannya secara berurutan :

1. Tekanan angin

Dimulai dari memeriksa tekanan angin dalam roda,tiap roda kendaraan bermotor mempunyai tekanan angin yang berbeda.Standar tekanan roda belakang adalah 29 psi dan roda depan 33 psi.Kita bisa mengira-ira saja jika tidak mempunyai alat pendeteksi tekanannya.

 








2. Kekencangan rantai

Bisa kita pegang rantainya,kendor atau tidak.Kencangkanlah dengan cara mengendorkan Mur (dengan menggunakan kunci ring no 17 dan no 19) pada kanan kiri ass roda kemudian atur kekencangan rantai.Jarak rantai yang baik adalah kurang lebih 3,5 dari posisi semula (dengan cara menekan ke atas)




 3.Memberi pelumas atau oli

Beri oli pada rantai untuk melumasinya agar tidak karat dan dapat bergerak dengan bebas.











 4.Membersihkan saringan udara

Lepas baut-baut penutup saringan udara kemudian kuas wadah saringan dengan bensin.Semprot busa saringan dengan kompresor,pasang jika sudah kering .













5.Bersihkan Karburator
Lepas sayap atau tebeng motor dengan obeng ples,kemudian lepas karburator dengan kunci ring,biasanya no 8 atau no 9.Ambil karburatornya dan lepas semua baut yang menempel di karburator.Ambil pelampungnya,lalu kuas semua body karburator dengan bensin.
Setelah di rasa bersih,pasang kembali pelampungnya dan keringkan.

Jika sudah kering,pasang kembali karburator pada tempatnya.

6.Membersihkan Busi

Lepaskan busi,sikat busi nya agar bersih











7.Menyetel katup

Jika mempunyai feelernya cara ini bisa di lakukan,kita bisa menyetel katup dengan feeler ukuran 0,1 mm.
Sebelum meyetel katup,baiknya kita top-kan dulu puli ke posisi bebas

Cara menyetel pada karburator agar langsam :

  1. Putar Pilot Screw / setelan langsam (berada sebelah kanan) searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira2 3000RPM.
  2. setel-pilot-screw
  3. Putar Air Screw/setelan angin kekanan (berada sebelah kiri) searah jarum jam hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah)
  4. setel-air-screw
  5. Putar kembali Air Screw kekiri (berlawanan dg jarum jam) kurang-lebih 1,5 – 2 putaran
  6. Cari di antara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi
  7. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar pilot Screw kekiri hingga di dapat RPM 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang-pincang.
  8. Selesai
Terima kasih,

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...