Jumat, 08 Oktober 2010

Tips Merawat Gitar


















Gitar adalah alat musik jaman sekarang yang banyak dimilki oleh berbagai kalangan,baik anak muda bahkan sampai dewasa yang mungkin punya hobi bermain musik.
Di sini sedikit saya ingin berbagi tips merawat gitar,agar alat musik ini tetap terjaga baik kualitas suara maupun fisiknya.



Mungkin jika kita membeli gitar baru,lebih baik jangan buang bungkus plastiknya,bisa kita simpan baik-baik di wadah atau tempat gitar.Jadi sewaktu-waktu gitar tidak dipakai kita bisa membungkusnya kembali.

  • Jangan pernah meletakkan gitar akustik di lantai atau tempat yang basah atau lembab,karena akan berpengaruh pada kualitas suara.Hika punya silika jel,kita bisa melumasi bodi gitar.Ini berguna agar menurunkan kadar kelembaban,silika jel ini dapat diperoleh dari toko-toko kimia.
  • Tempatkan string perlahan-lahan dan gunakan kualitas yang terbaik agar memperoleh kualitas suara yang baik pula pada gitar.
  • Jangan mengganti senar saat sedang melakukan konser atau manggung.Walaupun kita telah menyetemnya,senar bisa saja mendadak tidak stabil,akibatnya suara akan merubah saat kita memainkannya.
  • Gantilah senar seminggu sebelum konser atau manggung dan jangan lupa untuk mengecek dan menyetemnya berkali-kali.
  • Disarankan utuk pemain gitar klasik yang memainkan lagu sedikit panjang,bisa digunakan senar dengan seteman rendah saja agar mempunyai kekuatan ketika memainkan tekhnik permainan gitarnya.
  • Hendaknya jika salah satu senar kita putus,jangan mengganti satu senar saja,taoi gantilah semuanya.Ini agar suara dari semua senar tidak berbeda,karena senar baru cenderung masih kaku.
  • Agar stabilitas leher gitar tahan lama,lepaskan senar-senar jika tidak dipakai dalam waktu yang lama.
  • Gunakan kain lembut untuk membersihkan gitar,juga gunakan cairan pembersih khusus gitar.
  • Untuk pemain gitar klasik disarankan membentuk oval pada kuku jari dengan panajang 2mm,dan jari-jari lainnya merapat.
  • Lebih baik untuk seorang gitaris jangan menjadi kiper sepak bola atau bermain basket,karena akan berpengaruh pada kelenturan jari.
  • Pakailah pick yang lembut jika merasa menggunakan jari kurang nyaman.
  • Jangan mengganti senar dengan senar lama,karena akan menyebabkan kerusakan pada senar tersebut.
  • Gunakan string nilon untuk gitar klasik,bukan senar gitar folk.Ini dianjurkan agar tidak menyebabkan kerusakan pada gitar
Semoga tips sederhana ini bermanfaat

8 komentar:

ahmad mengatakan...

gitarku kok melengkung ya bro..??
apanya yang salah dong..?
bisa di perbaiki nggak ya..??

admin mengatakan...

maksud gitar melengkung itu stang lehernya ya?
gitar melengkung karena beberapa faktor,pertama karena cuaca yang lama kelamaan membuat kayu jadi melengkung,atau karena mutu kayu yang kurang bagus sehingga mudah tertarik ketegangan senar gitar,
namun ada juga beberapa gitar yang memang dari awalnya sudah di stel dengan lengkungan leher yang berbeda.Ini karena di dalam stang gitar terdapat batang besi atau dikenal truss rod.Jadi tidak selalu gitar yang melengkung itu dikatakan rusak.Yang saya tahu jika gitar listrik melengkung,bisa di stel pada bagian headstock dengan kunci L,kalau gitar akustik bisa langsung bawa saja ke tukang servis gitar saja...

bagoezt mengatakan...

thanks tipsnya bro...sangat bermanfaat

Sulpadli mengatakan...

Gimana caranya memperbaiki gitar classic yang pecah , tapi pecahnya cuman sedikit kira - kira 10 cm

PAKAW mengatakan...

Mantab bgt tipsnya...artikel menarik nih...
thanx yaaa tipsnya...smoga gitarku jd tambah tahan lama setelah mempraktekkan tips ini...

Belajar Main Gitar mengatakan...

makasih tipsnya.. sangat bermanfaat untukku..

Anonim mengatakan...

kalau body gitarnya pecah trus gmana mas bro??

Irvan inor mengatakan...

ARTIKELNYA MANTAP GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK...
MAKASIH YA GAN... OIYA.. SOB YANG PENGEN ARTIKEL UNIK DAN
FOTO FOTO TERUPDATE ..TINGGAL KLIK SALAH SATU AJA YA SOB...

BRA PALING UNIK DI DUNIA
KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
FOTO FOTO ARTIS SALAH SYUTING
FOTO FOTO HEBOH ARTIS INDONESIA
CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML

RAHASIA WANITA YANG HYPER
CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
FESTIVAL JERUK DI AMERIKA
FOTO FENOMENA ALAM
FOTO - FOTO ARTIS INDONESIA SEKSI

KAPAL LAUT TERBESAR DI DUNIA
BINATANG TERMAHAL DI DUNIA
FOTO ARTIS KOREA CANTIK
KEJADIAN KEJADIAN ANEH DI DUNIA
FESTIVAL BIR DI RUSIA

FOTO PESAWAT TERBESAR DI DUNIA
10 PANTUN2 GOMBAL
FOTO HOT JULIA PEREZ
10 TITIK RAHASIA WANITA
10 PESAWAT TEMPUR TERCANGGIH DI DUNIA

FOTO - FOTO ABG JAMAN SEKARANG
FOTO TANTE TANTE NARSIS
10 CIRI - CIRI WANITA SELINGKUH
7 TEMPAT SENSITIF WANITA
TEMPAT2 TERINDAH DIDUNIA

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...