Selasa, 19 Oktober 2010

Tampak Indah Namun Beracun

Bunga...sangat identik sekali dengan keindahan,dikarenakan rupa serta bentuknya yang menarik.Tidak jarang pula,bunga dijadikan simbol kasih sayang atau bahkan diberikan sebagai hadiah.Tapi,berhati-hatilah karena tidak semua bunga yang indah itu berarti boleh kita sentuh atau kita berikan untuk orang lain.Di bawah ini saya akan berbagi sedikit tentang beberapa bunga yang berbahaya karena mengandung racun.

13.
Wisteria


 


















Banyak yang menyebutkan jika bunga ini racun, meskipun beberapa orang mengatakannya tidak. Namun lebih baik hindari saja bunga ini daripada menyesal, karena sebagian besar laporan mengatakan bahwa manusia yang memakan tanaman ini akan timbul rasa mual, muntah, kram dan diare yang mungkin memerlukan perawatan seperti pemberian cairan infus dan obat anti-mual.

12. Hydrangea


 


















Ini adalah termasuk bunga semak poofy (hydrangea macrophylla) merupakan ornamen halaman populer yang dapat tumbuh sampai 15 m dengan bunga merah muda, biru tua atau kehijauan-putih yang tumbuh dalam kelompok-kelompok besar. Tapi bunga-bunga ini dapat menyebabkan sakit perut, apabila kita memakannya. Biasanya, pasien juga mengalami gatal gatal ,muntah, lemas dan berkeringat. Beberapa laporan menunjukkan bahwa korban bahkan bisa mengalami koma, kejang dan gangguan dalam sirkulasi darah tubuh. Untungnya,sudah ditemuka penawar untuk menangani kejadian ini.


11. Anthurium



 














Daun dan batang tanaman ini mungkin terlihat aneh, dengan warna hijau gelap, batang daun  yang kasar, berbentuk hati dan berwarna merah putih. Juga dikenal sebagai bunga flamingo atau tanaman kuncir,memakan bunga anturiums dapat memberikan rasa panas di mulut yang kemudian membengkak dan lecet. Suara kita juga bisa menjadi parau dan tegang dan mungkin mengalami kesulitan menelan.


10. Chrysanthemum



 












Ada 100-200 jenis chrysan di dunia ini,dan biasanya tumbuh rendah ke tanah, yang menyerupai semak-semak.Menyentuh bunga ini dapat membuat kita gatal.


9.
Ficus



 


















Semua ficus memiliki getah susu di daun dan batang, yang beracun. Ada sekitar 800 jenis pohon ficus, semak dan tanaman merambat (ficus benjamina).Tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias yang terkadang kita letakkan di dalam pot sebagai penghias ruangan atau di halaman.Di beberapa daerah yang hangat beberapa varietas ini dapat tumbuh hingga 75 meter. Tanamana ini juga dapat menyebabkan rasa gatal jika kita menyentuhnya.


8. Narcissus















Bunga ini berwarna kuning dan putih , mekar ketika musim semi. Yang menghirup bunga ini dengan kadar yang tinggi cenderung mengalami mual, muntah, kram dan diare.


7. Daphne




















Bunga daphne juga dikenal dengan nama lady laurel atau tanaman surga.Seluruh bagian dari bunga ini beracun tapi bagian yang paling beracun terkonsentrasi pada getah dan buahnya.Daphne mengandung mezerine dan daphnin, merupakan racun kuat yang dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala,diarhea, kegilaan,dan sawan.Jika buah daphne di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

6. Lyly of the valley


















lyly of the valley terlihat sangat cantik dan tampak tidak berbahaya tapi jangan tertipu dengannya, seperti daphne bunga ini sangat beracun jika kita mengkonsumsi satu atau dua dari bunganya yang berbentuk bell,mungkin juga tidak terlalu berpengaruh untuk orang dewasa. Namun apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak bunga ini menyebabkan rasa sakit di mulut,muntah-muntah,keram di seluruh tubuh, dan diare. racun di bunga ini juga menyebabkan disfungsi jantung dan detak melemah.

5. Belladona















Dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling beracun di Barat Hemisphere, Belladona mengandung tropane alkoids yang berpotensi membahayakan. seluruh bagian tanaman ini berbahaya tapi bagian yang paling berbahaya adalah buah nya yang sepertinya enak dimakan, khususnya membahayakan anak2. Gejala yang terjadi akibat dari racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi dan kegilaan. Atropine racun yang terkandung di dalam bunga ini mengganggu sistem saraf membuat gangguan pernapasan, berkeringat dan detak jantung.

4. Angel's Trumpet
















jangan terkecoh dengan namanya, tanaman ini mengandung racun yang bisa sangat fatal untuk manusia maupun hewan.terkenal sebagai halusinogen yang sangat sangat kuat karena mengandung zat tropane alkaloids.

3. Rhododendron















tanaman ini apabila musim berbunga tampak sangat indah sekali dari rekaman sebuah xenophon menceritakan tingkah laku yang aneh pada sejumlah pasukan inggris saat memakan madu dari bunga ini. Rhododendron mengandung andromedatoxin yang menyebabkan muntah, rasa sakit yang hebat kejang-kejang hingga kematian.Bila termakan membuat mulut anda membakar dan kemudian anda mungkin dapat mengalami peningkatan air liur, muntah, diare dan kesemutan pada kulit. Sakit kepala, otot lemah dan visi redup bisa mengikuti. Denyut jantung anda mungkin memperlambat atau menjadi aneh, dan anda bahkan dapat jatuh ke dalam koma dan mengalami kejang-kejang fatal. 


2. Oleander














Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di bumi, sering digunakan untuk bunuh diri di selatan India. berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah dimana ke semua itu terjadi secara bersamaan. korban akan mengalami gejala kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit, koma, hingga kematian. getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutan pada mata.

1. Autumn Crocus
















Juga merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia, mungkin ini yang paling beracun. mengandung colchicine, obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. racun yang terkandung di dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada obatnya. keracunan tanaman ini menyebabkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.




6 komentar:

julicavero mengatakan...

ga semua ya yg indah2 enak untuk dipegang..hanya dipandang aja..lihat aja bunga diatas...udah ok punya warnanya tp menyimpan racun...janganlah begitu kita dalam kehidupan ini..

sibutiz mengatakan...

nice post...

kita bisa ambil hikmah dari bunga2 itu,,
tidak semua yang indah itu baik bagi kita,terkadang ada yang kurang indah tapi sangat baik untuk kita..
slm kawan...
please coment back...

Asis Sugianto mengatakan...

Cantik2 kok beracun,,, sungguh di sayangkan.....

achmad taher mengatakan...

kata lain yang serupa : mawar berduri...salam blogger

kisah abu nawas mengatakan...

bunganya bagus tapi beracun

about adsense mengatakan...

yang keren itu mah bunga terompet, mengandung halusinogen, jadi kalo qta liat hantu dikuburan yang banyak bunga terompetnya berarti itu pengaruh dari bunga itu ya.. :)

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...