Senin, 25 Oktober 2010

Serupa Tapi Tak Sama

Banyak sekali hewan yang memiliki kemiripan di dunia.Namun jangan salah,mirip bukan berarti sama.Di bawah ini ada beberapa hewan yang terlihat serupa namun tak sama.

Unta Dromedarius dan Unta Bactrianus


Sama sama dari genus Camelus.Seperti yang kita ketahui,unta adalah jenis hewan istimewa yang mampu bertahan di wilayah gurun pasir,dimana suhu lingkungannya sangat tinggi yang bahkan mambuat manusia mengalami dehidrasi


Pebedaan antara kedua jenis hewan ini terlihat dari jumlah punuknya.Punuk satu hanya dimiliki oleh unta Dromedarius ataulebih dikenal dengan unta arab.Dan unta ini berasal dari wilayah Asia dan Afrika Utara.Unta Dromedarius lebih tinggi dibandingkan dengan unta Baktrian,dan mampu berjalan lebih cepat.


Dibandingkan dengan Dromedarius,unta Baktrian lebih kekar dan tangguh serta mampu bertahan di panas padang gurun yang membakar di Iran utara hingga musim dingin yang membeku di Tibet.

Katak dan Kodok


Mungkin kita akan merasa katak dan kodok adalah hewan yang sama,padahal sebenarnya mereka itu berbeda.Bahkan menurut ilmu pembagian kelas hewan pun mereka berlainan.Anggapan jika katak dan kodok serupa,mungkin dikarenakan sifat mereka yang sama yaitu selalu melompat-lompat ketika beroindah tempat,serta keduanya adalah hewan amfibi

 

Katak atau dalam bahasa Inggris disebut frog memiliki bertubuh langsing, berkulit tipis dan basah, serta punya loncatan yang jauh karena kaki belakangnya panjang.Katak ini banyak sekali hidup di sawah-sawah daerah bersuhu tropis, hutan dan daerah-daerah gambut. Dan katak ini mempunyai banyak sekali jenis-jenisnya yang memang terkadang warna dan bentuknya amat lucu, sehingga b anyak yang dijadikan sebagai koleksi.  

 

Sementara kodok dalam bahasa Ingggris disebut  Toad bertubuh gempal,berkulit tebal dan kering,serta berkaki belakang pendek.Kodok sering ditemui di daerah rawa,sawah dan bahkan juga dekat dengan lingkungan tempat tinggal kita,karena kodok dapat hidup tanpa air sekalipun.Beberapa kodok memiliki racun yang berbahaya dan racunnya dapat berakibat fatal jika seseorang yang terkena

Bebek (Itik) dan Angsa


Pernah bingung dengan nama bebek atau itik??sebenarnya bebek atau itik itu sama,tidak ada bedanya.Yang jelas berbeda itu antara bebek dan angsa.














Bebek memiliki paruh berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang berguna sebagai penyaring makanan. Tubuh bebek berlekuk dan lebar, dan memiliki leher yang relatif panjang, meski tidak sepanjang angsa. Sayapnya sangat kuat dan umumnya pendek.Hanya beberapa bebek saja yang tidak bisa terbang,contohnya seperti bebek asal Indonesia.














Angsa merupakan salah satu burung air terbesar yang dapat terbang,berukuran lebih besar dalam ukuran dan secara proporsional memiliki kaki dan leher yang lebih besar dibanding bebek.

Cheetah dan Macan Tutul




















Dilihat dari fisiknya bisa dikatakan hewan ini sama.Namun,yang membedakan kedua hewan yang termasuk famili felix ini adalah pada saat mereka berburu.Cheetah adalah satu-satunya jenis anggota (Felidae) yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol.Ciri yang dapat kit a jadikan acuan untuk membedakan antara cheetah dengan macan tutul adalah cheetah memiliki garis lulus di bwah matanya.Cheetah mampu berlari mencapai kecepatan 110 km/jam dalam waktu singkat sampai 460 m, dengan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik, lebih cepat dari beberapa supercar.
















Macan tutul atau dalam nama ilmiahnya Panther adalah dikenala sebagai pemanjat pohon yang baik,biasanya mereka melakukan ini sambil menyeret mangsanya ke atas untuk dinikmati.Mac an tutul memiliki warna kulit yang lebih gelap dibanding cheetah,bintik-bintik hitam pada kepalanya lebih kecil dibanding bintik pada seluruh tubuhnya.

Kambing dan Domba

















Perbedaan yang jelas dari kedua hewan ini adalah kambing memiliki dua pasang tanduk.Biasanya tanduk milik kambing jantan lebih panjang dan besar.Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan ka sar.Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam kelompok kambing ini d ipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan.

















Sedangkan Domba atau Biri-biri ciri fisiknya adalah mereka tidak memiliki tanduk dengan rambut tebal dan dikenal orang banyak karena dipelihara untuk dimanfaatkan bulu (disebut wol), daging, dan susunya.

Kura-Kura dan Penyu


















Mungkin sudah banyak orang yang tahu perbedaan keduanya.Meskipun sama-sama dari kelas Sauropsida,kedua hewan ini memiliki perbedaan yang cukup menonjol.
Kura-kura memiliki emp
at kaki dan terdapat kuku-kuku.Hidup di dekat daerah perairan seperti sungai,kolam,atau laut.Sesungguhnya kura-kura adalah hewan yang hidup di darat,namun mereka dapat juga sesekali masuk ke dalam air.
















Berbeda dengan penyu,hewan ini hidup dalam laut dan sebagian besar hidupnya dihabiskan di laut,hanya sesekali saja mereka kembali ke darat untuk bertelur.Penyu mempunyai empat tungkai yang berbentuk dayung untuk berenang.

Babi Hutan (Celeng) dan Babi

Sepintas mungkin terlihat sama dari n amanya,tetapi banyak sekali perbedaan dari keduanya.Babi hutan atau celeng dikenal hidup dalam hutan,mereka biasa hidup berkelompok sekitar 5-20 ekor.Namun tidak menutup kemungkinan mereka hidup sendiri-sendiri.Babi hutan sering merusak kebun warga,mereka biasanya memakan tanaman yang telah siap panen.














Ciri dari babi hutan adalah warna tubuhnya berwarna coklat tua atau hitam,memiliki berat sekitar 40-300kg.Babi hutan memiliki b ulu di sekitar lehernya,mereka juga memiliki gigi taring yang keluar,pada babi dewasa gigi itu akan membentuk lengkun gan.Mereka juga mampu berlari cukup kencang,ini terjadi apabila mereka merasa terganggu dan tak segan-segan menyerang kita.

















Babi biasa diternak untuk diambil dagingnya.Mereka biasanya hidup pada kubangan lumpur,yang membedakan dengan babi hutan yaitu warna dari babi ini biasanya pink atau putih,mereka juga tidak ditumbuhi bulu.Sama seperti babi hutan,mereka hidup berkelompok.

Kepiting dan Rajungan

Siapa tak kenal hewan ini?hewan dengan ciri khas dari 2 capitnya ini,mungkin sering kita temui sudah dalam bentuk mas akan yang lezat.Namun adakah yang tahu perbedaan dari keduanya?

















Kedua hewan ini termasuk dalam kelas Krustasea.Ciri-ciri dari kepiting adalah hewan ini memiliki tubuh lebih besar dan membu lat dengan kedua capit yang besar.Kepiting ini mampu hidup di dua alam atau dikenal juga hewan amfibi.Mereka dapat kita temui di perairan payau,seperti rawa-rawa atau tambak.















Rajungan ini biasa hidup di laut dan hewan ini tidak dapat hidup di darat seperti halnya kepiting.Pada malam hari mereka biasanya berenang ke permukaan laut untuk mencari makan.Berbeda dengan ke piting,rajungan ini dapat berenang.Ciri-ciri dari hewan ini terlihat dari tubuhnya yang lebih ramping dan me miliki capit yang lebih panjang dan ramping pula.

Monyet dan Kera


Pertama kali mendengar pasti kita akan menganggap itu sama,kera untuk bahasa yang halus atau sopan dan monyet untuk bahasa yang kasar.Namun sebenarnya mereka itu berbeda, monyet dan kera memang sama-sama dalam ordo Primata,tetapi mereka itu berbeda familia.




















Monyet biasanya memiliki ekor dan berukuran lebih kecil,mereka biasanya menggunakan ekornya untuk bergelantungan di pohon.Monyet hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang dipimpin satu monyet jantan.Contoh dari monyet adalah Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).














Berbeda dengan kera yang tidak memiliki ekor,tubuh dari kera pun lebih besar dari monyet.Beberapa contoh kera adalah orangutan,goril a dan simpanse

Buaya dan Alligator

Mereka berdua adalah hewan yang sama-sama dari famili Crocodylidae.Sepintas mereka nampak sama,namun jika diperhatikan lagi akan nampak perbedaannya.















Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar dan asin seperti sungai, rawa dan lahan basah lainnya.Perbedaan yang nampak adalah buaya memiliki mulut yang panjang berbentuk meruncing,biasanya susunan gigi dari buaya nampak keluar.Mereka biasanya hidup berkelompok,selain itu buaya memilik i tubuh yang lebih ramping.Buaya hampir dapat bisa ditemui di berbagai wilyah perairan di seluruh dunia,mulai dari wilyah Asia,Australia,Mexico,Filipina,Amerika,Kuba,Mesir,dll.

























Alligator tinggal di lingkungan air tawar, seperti kolam, rawa-rawa, daratan basah , dan sungai.Mereka memiliki bentuk mulut yang lebih membulat di ujungnya.Bentuk tubuh dari alligator pun bisa dikatakan lebih besar dibandingkan buaya.Mereka adalah hewan penyendiri.

Kupu-Kupu dan Ngengat 

Kupu-kupu dan Ngengat merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau 'serangga bersayap sisik'.Mereka sering kita temui biasanya di taman,tengah menempel pada bunga atau sisi pohon.Namun adakah yang mengetahui perbedaan dari kedua hewan tersebut?















Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal). Saat kupu-kupu beristirahat atau hinggap,mereka akan menegakkan sayapnya.Mereka pun memiliki warna sayap yang indah.
















Sedangkan ngengat kebanyakan ak tif di waktu malam (nocturnal).Saat ngengat hinggap mereka akan membentangkan sayap nya.Mereka tidak mempunyai sayap yang indah,dan biasanya berwarna kusam,gelap atau kelabu. 

14 komentar:

kisah abu nawas mengatakan...

bermanfaat sob,
jadi tahu perbedaannya terutama macan tutul ini

Warna Tulisan mengatakan...

wah postingannya sangat menarik dan detail sob jadi banyak tahu nih ... salam

History Blog mengatakan...

baru tau sob.. !! nice post !!

admin mengatakan...

terima kasih atas komentarnya

Habyb Palyoga mengatakan...

calon ht nih..hihihi :b:

dealer pulsa mengatakan...

alligator sama biaya ganasan manaya....

Baen Cumi mengatakan...

trims ilmunya yaaa:) :e:

Anonim mengatakan...

Kalo yang alligator dan buaya kayanya nggak gitu deh. Soalnya di beberapa acara discovery alligator justru punya mincong panjang dan tipis

Anthony Tumiwa mengatakan...

tambahin donk beda

Sea Lion vs Walrus vs Seal

juga

Cumi cumi vs Sotong vs Gurita

juga

Jaguar vs Macan tutul (leopard) vs cheetah

Anthony Tumiwa mengatakan...

terus.... Otter vs Beaver
babirusa vs babi hutan
tupai vs musang

admin mengatakan...

oke .. ditunggu ya :D

Anonim mengatakan...

wah makasih banget artikelnya ngebantu banget buat saya yg lg nyari artikel tentang hewan... hehe ;)

fityan zakiyya mengatakan...

Bermanfaat banget

zhica wokew mengatakan...

haahhah... baru tau skarang . kodok ma katak ternyata bukan kakak adik melainkan tetangga nya :P

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...