Kamis, 28 Oktober 2010

Jenis Pedang Samurai

Sebutan samurai yang dialamatkan pada pedang jepang merupakan salah kaprah. Samurai sendiri adalah sebutan untuk Prajurit Jepang. Sedangkan yang dimaksud pedang itu disebut dengan Ken.
Pedang samurai sendiri di jepang dibagi dalam banyak jenis. Pembagian jenis-jenis pedang berdasarkan ukurannya. Setiap pedang diukur dengan ukuran "Shaku" dimana 1 shaku berarti sekitar 30 cm. Berikut ini jenis-jenis pedang samurai yang dikelompokkan berdasar panjangnya

Shikomizue


 






Pedang yang tersembunyi, berbentuk seperti tongkat.Pisaunya ditempatkan di dalam tongkat, agar menyembunyikan bahwa sebenarnya itu adalah pedang.bisa dibawa di depan umum tanpa menimbulkan kecurigaan.


Bokken












Pedang kayu yang digunakan untuk latihan, biasanya ukuran dan bentuknya seperti katana , tapi kadang-kadang berbentuk seperti pedang lainnya , seperti wakizashi dan tanto

Tanto
















Ukuran pedang ini sekitar 25 cm, masuk kategori pisau.Penggunaannya biasanya untuk menusuk tiba-tiba. Perempuan Jepang jaman dulu membawa tanto di balik obi (ikat pinggang kimono) untuk self defence ataupun untuk spontan attack.

Wakizashi











Wakizashi merupakan jenis pedang samurai dengan panjang antara 30-60 cm, para samurai biasa menggunakannya sebagai secondary weapon.

Kodachi










Kodachi lebih panjang dari wakizashi, tetapi lebih pendek dari katana. Biasa digunakan sebagai perisai dalam hand - to - hand combat.
Karena tidak sepanjang katana (kurang dari 2 shaku) maka tidak menyalahi aturan membawa pedang di zaman Edo sehingga boleh dibawa oleh orang biasa (dulu cuma samurai yang boleh bawa pedang).
Pedangnya lebih melengkung dari wakizashi. Pedang ini cukup ringan sehingga memudahkan penggunanya bergerak lincah.

Katana













Katana merupakan pedang khas ninja. Setiap ninja mempunyai katana dipunggung mereka.Pedang ini merupakan pedang umum dengan panjang antara 70-80 cm.
Tipe single-edge dan melengkung. selain dipakai ninja, pedang ini juga dibawa oleh kaum samurai untuk merepresentasikan status sosialnya. Biasanya dibawa berpasangan dengan wakizashi atau tanto yang digunakan untuk close-quarter combat dimana katana digunakan untuk open-quarter combat.


Tachi






 

Jenis pedang yang lebih melengkung dan sedikit lebih panjang daripada katana. dengan sisi tajam mengarah ke bawah,berbeda dengan katana dengan sisi tajam mengarah ke atas dan diselipkan pada korset.[1] Pedang model tachi akhirnya tak dipakai lagi dan digantikan oleh katana.Biasanya pedang ini dibawa pasukan kavaleri. Variasi dari panjang rata-rata tachi dibedakan dengan awalan ko- untuk tachi berukuran pendek dan ō- untuk tachi berukuran lebih panjang. Pedang tachi terpanjang yang disebut ōdachi dari abad ke-15 berukuran panjang lebih dari 3,7 meter (panjang mata pedangnya 2,2 m) 

Tsurugi













Pedang yang tak serupa dengan jenis pedang yang lainnya. Pedang ini tidak melengkung tapi lurus seperti pedang korea. Tsurugi merupakan pedang tipe broadsword, lebih berat dibanding pedang yang lainnya. Sangat cocok digunakan u ntuk mengahadapi musuh bertameng maupun berarmor tebal.

Chokuto












Sama seperti katana, hanya saja tidak melengkung tetapi lurus. Ditemukan sebelum jaman Heian sebelum orang Jepang menemukan teknik melengkungkan pedang (yang ternyata unik caranya).
Karena pedangnya lurus sulit digunakan dan jarang dipakai dalam pertempuran. Setelah ditemukannya katana, chokuto masih tetap diproduksi tetapi kebanyakan berfungsi sebagai ceremonial sword.

Ninja-to


















Pedang para ninja, selain katana, ninjato merupakan pilihan para ninja. Ringkas dan ringan membuat pedang ini mudah untuk dimasukkan kedalam baju. Perbedaan mendasar antara katana dan ninja-to terletak pada sesainnya. Ninjato tidak melengkung seperti katana tetapi lurus.

Nodachi & Odachi














Pedang yang sangat panjang. Merupakan pedang terpanjang dengan panjang hampir 80 cm. Pedang ini tidak cocok untuk close combat karena ribet dengan ukurannya.
Pedang ini digunakan untuk membelah pasukan berkuda beserta kudanya,tidak cocok untuk close combat. Pembuatan pedang ini termasuk dalam kategori sulit, sehingga pedang ini merupakan pedang langka.

Nagamaki









Pedang dengan panjang mata pedang dan gagang yang sama. Termasuk dalam katagori belati, Digunakan untuk serangan mendadak. Penggunaan pedang ini tidak seefisien Tanto. Tapi pedang ini memilki keindahan lebih.

Naginata







Naginata merupakan tombak dengan mata pisau katana. Digunakan prajurit wanita pertarungan jarak menengah. Gagang dibuat dari kayu dan mata tombak katana melengkung. Sangat cocok untuk tipe pertempuran Chaos.

Yari











Yari merupakan tipe tombak. Berbeda dengan naginata, mata tombak dibuat lurus. Bentuk Lurus ini efektif digunakan menusuk musuh yang datang dari depan. Biasanya dipakai pria untuk mengahadang laju pasukan musuh.




5 komentar:

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

wah sangat detail sob, makasih selama ini hanya tahu dari film saja.

Anonim mengatakan...

Maaf pak bos... Nagamaki itu bukan termasuk kedalam belati, melainkan pedang. Memang benar nagamaki memiliki panjang Tsuka yang relatif sama dengan Nagasanya, namun Nagamaki adalah termasuk pedang yang memiliki nagasa yang panjang yang sama dengan katana.
Jadi perbedaan nagamaki dgn katana adalah pada Tsukanya saja.

Maaf kalau salah. Terima kasih

Anonim mengatakan...

Sekedar Sharing...
Katana sama sekali bukan pedang Ninja.
Katana adalah senjata yang sangat lazim digunakan oleh seorang samurai.
Katana adalah sebutan pedang dengan bilah dengan ukuran antara 70-80 cm dengan bilah melengkung, katana digunakan sebagai senjata reaksi cepat.
Pedang jenis ini menjadi terkenal dari sisi fungsi karena durability dan ketajamannya yang mampu memotong target. Selain itu pula memiliki bentuk unik yang eksotik mulai dari bagian Nagasa (bilah pedang), Tsuba set (guard),Tsuka Itto (handle), sampai bagian Saya (sarung pedang).
Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh/ jiwa dari samurai dan digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam setiap pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan seorang samurai untuk merepresentasikan status sosialnya. Dengan kata lain katana adalah perlambang keberanian serta harga diri bagi pemegangnya.
Biasanya dibawa berpasangan dengan wakizashi atau tanto yang digunakan untuk close-quarter combat, dimana katana digunakan untuk open-quarter combat.

Jadi Intinya Katana bukan pedang ninja melainkan pedangnya samurai. Sedangkan pedang ninja adalah NINJATO yang memilik bilah lurus dan lebih pendek dibandinkan dengan katana, sehingga mudah disembunyikan.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi : http://www.facebook.com/pages/Katana-Sword-Collector-Indonesian-KSCI/122949941121886?sk=wall

Nova Salim mengatakan...

Jenis pedang yang dipakai Sasaki Kojiro kenapa tidak diposkan disini?

Anonim mengatakan...

bro kalo di tempat kita ada yang bisa bikin gak ya?aku kebetulan juga penyuka pedang

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...