Kamis, 07 Oktober 2010

Hantu Hantu Asal Jepang

Masyarakat Jepang dan Konsep Alam Gaib
Negara Jepang merupakan salah satu negara yang unik dan mempunyai latar belakang sejarah yang berpijak pada hal supranatural. Masyarakat Jepang meyakini adanya kekuatan batin manusia yang dapat memasuki dimensi lain yang penuh dengan kekuatan luar biasa.

Dunia supranatural Jepang cara baik untuk menjelaskan yang tidak dapat dijelaskan dan sebuah cara untuk masuk lebih dalam lagi. Hal itu bisa dikatakan sebagai sebuah pencarian spiritual bagi para pencari hal mistik. Keajaiban ada di mana-mana dan kejadian ajaib yang supranatural mungkin sedang menunggu di sudut berikutnya.

Dalam pemikiran orang Jepang, ketika seseorang meninggal dunia rohnya akan meninggalkan kehidupan ini menuju ke dunia yang kekal, setelah mencapai tempat tujuan ini rohnya harus menghabiskan beberapa waktu di antara tingkat keberadaan dalam sebuah tempat yang tidak jelas dan tidak pasti. Di tempat inilah roh dapat menjadi hantu penasaran yang dapat menghantui atau mengganggu orang-orang yang masih memiliki hubungan yang kuat dengannya. Para roh tersebut terus menghantui orang-orang di dunia sampai ada seseorang atau sesuatu yang bisa membebaskan mereka untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju keabadian.
Konsep orang Jepang terhadap alam gaib adalah sebagai berikut :
  • a.Bagi orang Jepang, semua fenomena alam yang hidup (animate) maupun yang tidak hidup (inanimate) bahkan benda buatan manusia sekalipun mempunyai potensi untuk menjadi hidup jika dimasuki oleh roh gaib.
  • Tenaga gaib khusus atau fungsi dari roh atau dewa dapat mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung dengan sifat dari wadah tempat bersemayamnya. Bukti dari disosiasi antara dewa dengan tempat persemayamannya itu, terletak pada adanya keyakinan bahwa suatu dewa dengan fungsi tertentu dapat saja mempunyai beberapa tempat persemayaman dan fungsi berbeda.
Dalam tradisi Jepang mengenal beberapa makhluk halus, diantaranya adalah : 

Yuurei















Berdasarkan ajaran shinto, semua manusia punya roh yang disebut"reikon." ketika seseorang meninggal, reikon meninggalkan jasadnya dan pergi bersama roh leluhur. Tapi, ketika sesorang mati karena terbunuh, tewas dalam perang, bunuh diri, atau jika tidak diadakan upacara pemakaman yang layak, reikon akan menjadi yuurei untuk membalas dendam. kebanyakan yuurei adalah hantu wanita yang hidupnya menderita karena cinta, cemburu, kesedihan, atau penyesalan. yuurei lelaki sangat jarang. Yuurei biasanya muncul dalam kimono putih (katabira), yang biasa dipakaikan ketika akan dikubur, katabira tak berlengan, biasanya jasad juga diberi kertas atau kain persegi putih (hitaikakushi) pada wajahnya. Yuurei dipercaya muncul pada pukul 2 atau 3 pagi. dalam cerita jepang, hantu yuurei bisa muncul dalam berbagai cerita, misalnya sadako, akaname, amenonna, anyobo, arikura-no-baba, funnayurei, futakuchi-onna, harionago, hiderigami, hone-onna, kage-onna, katawa-guruma, dll  

Oni












 Oni, Setan atau iblis, salah satu youkai (hantu wujud monster, demon, atau ghoul) yang paling terkenal. mereka besar dan bertanduk. warna tubuhnya merah, biru atau hitam. mereka biasanya membawa pentungan besi hitam (kanabou). Mereka dikenal sebagai penjaga gerbang neraka Buddha. Mereka juga biasa muncul dalam cerita rakyat jepang (Momotaro, Isshun-Boshi, dll.) Mereka dungu, kejam, dan perusak. dalam budaya jepang pada perayaan Setsubun (tgl 3 feb) biasanya orang jepang melakukan ritual pengusiran iblis, orang-orang menebar kedelai di depan pintu rumahnya sambil berkata "Oni wa soto, Fuku wa uchi!" (iblis keluar, keberuntungan masuklah).
 
Kappa



















 Kappa adalah mkhluk supranatural yang hidup didarat dan air. Makhluk ini setinggi anak usia 4-5 tahun. mereka memiliki mulut seperti paruh, dan sirip pada tangan dan kaki mereka. mereka juga punya cangkang dipunggungnya, dan piringan air dikepala mereka. selama air memenuhi piringan dikepalanya, kappa menyimpan kekuatan supranaturalnya. Kappa dikenal suka menyeret manusia ke air dan mengeluarkan hatinya lewat anus. meskipun kadang kappa melukai manusia, mereka juga memiliki kisah suka menolong manusia. mereka sungguh ingin tahu. mereka juga suka muncul dalam kartun karena banyak yang menyukainya. Kappa menyukai gulat dan mentimun. kappa juga perenang yang handal. ada pepatah jepang mengatakan "Kappa no kawa nagare (seperti kappa yang tenggelam)" yang artinya, siapa'pun, walau dia ahlinya, pasti akan berbuat kesalahan juga.

Rokurokubi




















Monster wanita dengan leher yang panjang dan fleksibel. mereka akan terlihat seperti manusia biasa pada siang hari, tapi ketika malam, mereka melepas lehernya untuk menakuti atau memata-matai manusia. terkadang, mereka juga mengganti wajah manusia mereka dengan wajah setan.  

Yuki-onna



















Youkai yang satu ini salah satu youkai yang paling terkenal di Jepang, dan sudah banyak yang membuat film dengan tema yang sama, yaitu Yuki-onna/ si wanita salju. Yuki-onna adalah youkai yang berwujud wanita cantik semampai berambut panjang dan berkulit pucat. Kadang-kadang muncul mengenakan kimono putih, namun ada pula yang menyebutkan bahwa ia tak berbusana. Wajahnya cantik namun memancarkan kekejaman. Ia melayang di atas salju dan tidak meninggalkan jejak kaki, dan dapat berubah menjadi asap, kabut, maupun salju. Yuki-onna identik dengan musim dingin, dan kerap muncul di malam berbadai salju untuk mencari mangsa. Manusia, terutama laki-laki, yang menjadi mangsanya biasanya dihembus dengan napasnya sampai membeku seperti es sebelum jiwanya direbut.  

Kuchisake-onna

















Kuchisake-onna atau wanita bermulut sobek, biasanya tampil sebagai wanita cantik berbaju merah dan memakai masker di mulutnya. Ia kerap muncul di malam berkabut. Bila ia bertemu seseorang, ia akan bertanya, “Watashi Kirei?” [apakah aku cantik?]. Bila orang tersebut menjawab ya, Kuchisake-onna akan melepas maskernya seraya bertanya, “Meski wajahku seperti ini?”. Namun bila menjawab tidak, maka kuchisake-onna akan menyerang dengan pisau. Ada juga yang mengatakan senjatanya adalah sabit atau gunting. Dalam bahasa jepang, kata kirei [cantik] memiliki bunyi yang mirip dengan pengucapan kata kire [memotong]. Bila ingin selamat dari serangannya, jawablah dengan “lumayan”, dan saat wanita tersebut berpikir, sebaiknya kita melarikan diri. Ada juga yang mengatakan bahwa kuchisake-onna membenci pomade [minyak rambut]. Ia juga takkan menyerang anak-anak yang memberikan permen kepadanya.  

Hitotsume-Kozou

















Goblin bermata satu, cerita mengatakan, ia punya satu mata besar ditengah kepalanya. kepalanya seperti kepala ala pendeta. mereka tak melakukan apa-apa, hanya menakut-nakuti manusia.  

Tengu

 














Tengu adalah goblin gunung, Tengu memiliki wajah merah dan hidung yang luar biasa panjang, dan membawa "hauchiwa (kipas kulit)." setengah manusia setengah burung, tengu memiliki kekuatan supranatural. Tengu disembah oleh "yamabushi (pendeta gunung)," dan mereka biasa memakai kostum"yamabushi" dengan "geta (baju kayu)" panjang. tengu juga dikenal suka menculik anak kecil.

Onryou


















Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut : 1.Rambut panjang terurai. 2.Memakai kimono putih. 3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah. 4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.  
 Ubume



















Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, Ubume adalah sosok hantu wanita yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) sehingga meninggalkan anak yang masih bayi dan hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Apabila di Indonesia hantu ini sejenis dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang berbeda.
 
Funa Yuurei



















Funa Yuurei adalah hantu yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.
  Zashiki Warashi





















Zashiki Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal daripada membahayakan. Hantu ini bisa juga disebut Zashiki-bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah atau tatami sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Apabila di Indonesia hantu seperti ini disebut tuyul. Biasanya hantu anak-anak ini berkeliaran di sekitar rumah dan hantu ini mencari perhatian dengan cara yang bermacam-macam, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.
 
Amikiri

















 Mahluk aneh nan menakjubkan, salah satu ras mahluk air yang bisa berubah wujud dan hidup didarat bahkan kadangkala terbang diudara layaknya mereka berenang di air. Mahluk ini memperoleh nama julukannya karena kebiasaannya jala ikan yang ekrapkali menghalangi pergerakan mahluk ini. Jala ikan para nelayan yang menghalangi ketika mahluk ini berenang didalam air akan diputus sampai menjadi serpihan serpihan kecil oleh capitnya yang tajam. Tetapi, mereka hampir tidak pernah menyerang manusia, mahluk ini adalah jenis mahluk yang tenang walaupun penampilannya menakutkan. Gambaran umum tentang wujud amikiri adalah capitnya yang menyerupai capit lobster, ekor ular dan kepala mirip seperti burung camar. Beberapa sumber mencatat bahwa amikiri berukuran seperti hewan rumahan layaknya anjing atau kucing, ettapi ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa ukuran amikiri sebesar manusia, tepatnya seukuran anak anak  

Kubikajiri






















 Kubikajiri adalah yuurei yang kerap terlihat di kuburan saat hari telah gelap. Konon, kubikajiri mencari-cari kepalanya yang hilang dain ia tak segan untuk memakan kepala orang yang ditemukannya, apakah masih hidup ataukah sudah berwujud mayat  

Karakasa

   













 Karakasa (Payung Cina), atau Kasa Obake, adalah jenis Tsukumogami, suatu bentuk Roh Jepang yang berasal dari benda mencapai umur 100 tahun dari keberadaan mereka, sehingga menjadi bernyawa. Karakasa secara khusus berbentuk Roh payung Mereka biasanya digambarkan dengan satu mata, lidah yang panjang menonjol dari mulut terbuka, dan kaki tunggal, umumnya mengenakan sebuah geta (sandal bakiak khas Jepang).
 
Jorougumo


















Jourogumo adalah youkai laba-laba betina yang bisa berubah wujud menyerupai wanita yang amat jelita. Konon, setelah mencapai usia 400 tahun laba-laba betina akan berubah menjadi Jorougumo. Ia memanggil mangsanya, yang tentu saja laki-laki, dengan alunan biwa yang dipetiknya. Laki-laki tersebut akan terhipnotis dengan suara biwa dan akhirnya menjadi santapan Jorougumo  

Tsukumogami  












Tsukumogami berasal dari item atau artefak yang telah mencapai usia ke-100 mereka dan menjadi hidup.Dipercaya bahwa setiap benda jika mencapai usia ini, dari pedang untuk mainan,sandal,kursi,meja,lilin,dll. bisa menjadi sebuah tsukumogami. Tsukumogami dianggap roh dan makhluk supranatural, karena berbeda dengan wujud benda sebelumnya.

Chōchinobake  

















Chōchinobake adalah salah satu jenis Tsukumogami,berasal dari lentera chōchin, terdiri dari bambu dan kertas atau sutra. Mereka biasanya digambarkan dengan satu mata, dan lidah panjang menonjol dari mulut terbuka.

6 komentar:

admin mengatakan...

iya???malah baru tahu aku???

about adsense mengatakan...

banyak juga setan di jepang, kenapa ga' ngulas tentang setan yang ada di Indonesia juga',, :)
kan ada Mak lampir, kuntilanak, buto ijo, dkk.. hehheeeee........

enda fiVers mengatakan...

Tapi kelihatannya lebih serem hantu dari Indonesia ya...

heheheh..........

Anonim mengatakan...

hantu indo lebih serem gara2 banyak santetnya...

Anonim mengatakan...

wakakak jadi bingung sy liat beginiaan :e:

Anonim mengatakan...

banyuwangi santet'e gede...

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...