Senin, 11 Oktober 2010

Para Bajak Laut Terhebat di Dunia












Pernah mendengar Bajak Laut?Mungkin kita menganggap itu hanya cerita khayalan saja,tapi di sini sedikit saya mau memperkenalkan beberapa kapten bajak laut yang pernah berjaya pada era keemasannya. pada tahun 1600-1700. Mereka pernah berjaya di 7 samudra, menyebar teror dan merampok kapal2 dagang kolinialis.Mereka adalah Bajak Laut yang terkenal di masanya dan memberikan banyak inspirasi hingga saat ini.
1. Henry Morgan -The King of All Pirates


















Henry Morgan atau morgan "the terrible" adalah salah satu yang paling k ejam dari bajak laut, dengan keberaniannya, kebrutalan, dan kecerdasan, membuat dia yang paling ditakuti, dan dihormati sepanjang masa bajak laut.

Hendry dulunya adalah seorang Welsh Admiral dan privateer, mungkin juga salah satu yang terkenal dan sukses di antara privateers dari Wales.
Privateers adalah orang pribadi atau swasta kapal perang yang disahkan oleh suatu negara pemerintah dengan surat marque untuk menyerang pelayaran asing. Privateers adalah bagian dari perang angkatan laut dari beberapa negara dari 16 ke abad ke-19. Awak privateer mungkin diperlakukan sebagai tawanan perang oleh negara musuh jika tertangkap.

Henry Morgan benar-benar adalah raja dari semua bajak laut. Dia diangkat menjadi perwira Inggris dan bajak laut karena kepiawaiannya dalam menaklukan serta merampas kapal. Henry Morgan menjadi teror dari semua orang Spanyol di Hindia Barat. Total Armada yang pernah dia pimpin adalah 36 kapal dan 2000 ABK.

Pada akhir hayatnya,dia didiagnosis " dropsie ", tetapi mungkin juga telah terinfeksi TB di London , dan meninggal 25 Agustus 1688.Juga muncul pendapat jika mungkin ia memiliki gagal hati karena ia seorang peminum berat. Ia dimakamkan di Palisadoes, yang tenggelam di bawah laut setelah gempa 1692 .


2. Bartholomew Roberts- "Great Pirate Roberts" - Black Bart


















Bartholomew Roberts, yang disebut sebagai "Great Pirate Roberts", menjelajahi laut pada awal abad kedelapan belas. Ia menjelajahi pantai-pantai Amerika Utara dan Selatan.Roberts dikenal menyimpan begitu banyak kebencian bagi orang-orang di pulau Martinique dan Barbados, karenanya ia menciptakan bendera hitam untuk menggambarkan hal itu.Ia adalah bajak laut yang sukses besar pada masa Golden A ge of Piracy ,Dia menangkap kapal lebih banyak daripada beberapa bajak laut terbaik dari era ini,seperti Blackbeard atau Kapten Kidd .Ia diperkirakan telah menangkap lebih dari 470 kapal.Pada akhir hayatnya Kapten Roberts terbunuh oleh grapeshot (sejenis meriam kapal) yang mengenainya,ketika dia berdiri di dek.Setelah itu dia dikuburkan di dalam laut oleh para awak kapalnya dengan membungkusnya menggunakan layar kapal.

Kematian Roberts 'mengejutkan dunia bajak laut, serta Angkatan Laut Inggris.Para pedagang lokal dan warga sipil bahkan berpikir jika dia tak terkalahkan, dan beberapa menganggapnya seorang pahlawan.
Kematian Roberts dianggap banyak sejarah bahwa ini sebagai akhir Golden Age of  Piracy

3. William Kidd - "Captain Kidd"



















Pada awalnya Kidd adalah seorang pelaut yang direkrut kerajaan Inggris untuk menumpas bajak laut. Kidd dibekali dengan kapal legendarisnya yaitu the Adventure Galley.Kapal tersebut dilengkapi 34 meriam dan mampu membawa 80 ABK, tapi kemudian Kapten Kidd berubah menjadi bajak laut yang bringas,cerita ini muncul setelah Kid dituduh Inggris membajak kapal.

Quedagh Merchant adalah kapal harta karun besar dari 400 ton yang pern ah di rampas oleh Kidd,di dalam kapal tersebut terdapat banyak Satin,Emas,Muslins,Perak dan beberapa barang dagangan dari Hindia Timur.Ini membuat dirinya menjadi salah satu bajak laut yang memiliki harta karun yang paling ban yak.

Pada akhir hayatnya, dikirim ke Inggris untuk ditanyai oleh Parlemen.Dia terkejut saat di pengadilan karena ia didakwa dengan pembunuhan dan pembajakan 5 kapal..
Kemudian Kidd menerima hukuman gantung pada tanggal 23 Mei 1701, di Wapping , London.


4. Edward "Blackbeard" Teach
















Edward "Blackbeard" Teach tidak diragukan lagi adalah salah satu bajak laut yang paling ditakuti dan paling dibenci s epanjang masa. dengan perawakan y ang mengerikan, janggut hitam lebat yang hampir menutupi seluruh mukanya.Dia adalah bajak laut Inggris yang beroperasi di sekitar Hindia Barat dan pantai timur Amerika pada awal abad 18.Dia memiliki kapal keb anggaan yang bernama, Anne's Revenge Queen


Edward dikenal selalu membawa 2 pedang, berbagai belati dan pistol-pistol sebagai senjatanya. Ia telah merampas lebih dari 40 kapal dagang di perairan Karibia.Ia juga tidak segan membunuh para tawanannya.

Blackbeard akhirnya mempensiunkan diri ke North Carolina di Amerika, untuk bersenang-senang dengan harta kekayaan rampasannya. Namun, gubernur Virginia waktu itu, tidak senang dengan keberadaan Blackbeard. Ia mengirim dua kapal perang ke rumahnya, dipimpin oleh Robert Maynard.
Namun, Blackbeard tidak lari dan kabur dari kapal-kapal Maynard. Dia malah menaikinya. Setelah membom kapal tersebut di atas d ek denga n granat, d ia mencari Maynard. Maynard hampir kehilangan seluruh jarinya karena dipedang oleh Blackbeard. Hebatnya, pedang Maynard patah karena mencoba membacok punggung Blackbeard.

Ketika selesai berantem, Blackbeard telah ditusuk setidaknya dua puluh kali dan tertembak lima kali, dan akhirnya mati karena pendarahan. Sebelum mati, ia sempat mengisi pistolnya kembali untuk terus menembak anak buah Maynard.Kekalahannya pada pertempuran dengan armada kapal Royal Navy di North Carolina menjadi akhir dari hidupnya. Dan untuk merayakan kemenangan angkatan laut, mereka menggantungkan kepalanya di tiang kapal.

Pada cerita manga One Piece,Black Beard adalah seorang dengan perawakan besar dan dia memiliki kekuatan yang luar biasa setelah mengalahkan Shirohige.

5. Anne Bonny




















Anne Bonny adalah salah satu dari dua wanita yang menjadi bajak laut. ketangguhan dan keperkasaannya tidak diragukan lagi karena ia bergabung denga Jolly rogger pirate, salah satu kelompok bajak lau t yang sangat disegani. dalam sepak terjangnya di duni a bajak laut ia berduet dengan rekannya sesama wanita yaitu Mary Read.Agar bisa bergabung dalam perjalanan Rackham, Anne menya mar menjadi pria. Walaupun seorang wanita, tapi Anne juga mengikuti peperangan dan melakukan kegiatan lainnya selayaknya pria. Bahkan kru-kru Rackham "The Revenge" menghormati Anne Bonny.Walaupun Anne merupakan salah satu bajak laut hebat yang terkemuka namun ia tak pernah berlayar dengan kapalnya sendiri.




















Sebenarnya, Anne bukanlah satu-satunya seorang bajak laut wanita di kapal Rackham. Mary Read, seorang kru wanita juga meny amar sebagai pria, setelah kapalnya disita ketika razia. Kemu dian Anne dan Mary menjadi kawan dekat karena keduanya sedang hamil. Mereka saling bertemu ketika Anne melihat Mary tanpa busana sekaligus mengetahui rahasia Mary. Lalu mereka saling berjanji tidak akan mengumbar rahasia masing-masing.Namun, identitas Mary sebenarnya segera terbongkar akibat kecurigaan Rackham akan kedekatan Anne dengan M ary yang tiba-tiba lalu ia meminta penjelasan dari Mary. Mary menceritakan hal yang sebenarnya. Beruntung, Rackham memperbolehkannya untuk tinggal sebagai kru. Kejadian ini tidak mengakibatkan perubahan pada diri Mary. Ia tetap bekerja seperti sebelum identitasnya terbongkar.

Pada Oktober tahun 1720, Rackham dan krunya diserang ol eh pasukan Kapten Jonathan Barnet, yang bekerja untuk Gubernur Jamaika.Karena para pasukan Rackhman sedang mabuk,sehingga menyebabkan kekalahan dan ia pun ditangkap. Kemudian, Anne mengunjungi Rackham sebelum di eksekusi dan berkata, "Ak u menyesal melihatmu di sini Jack, tapi jika saat itu kamu bertarung seperti pria, sekarang kamu tak perlu digantung seperti seekor anjing."

Setelah mereka ditangkap, Mary dan Anne mengatakan kehamilan mereka. Sesuai hukum Inggris, mereka dipenjarakan dan ditunda eksekusinya hingga mereka melahirkan. Ada cerita yang mengatakan Mary Read meninggal dalam penjara karena demam. Ada juga yang berkata bahwa ia meninggal setelah melahirkan.
Sayangnya tidak ada catatan apakah Anne dibebaskan atau dieksekusi. Ada kemungkinan ayahnya menebus Anne dan ia k embali pada James Bonny atau ada kemungkinan ia kabur dan hidup sebagai bajak laut dengan identitas baru.Namun ada sebuah sumber menyatakan bahwa keturunan Anne mengatakan bahwa William Cormac (ayahny a) menebus Anne dan membawanya kembali ke Charleston, di mana ia melahirkan anak Rackham yang kedua. Lalu pada 21 Desember 1721, Anne menikah lagi dengan Joseph Burleigh dan memiliki 8 anak. Anne meninggal di Carolina Selatan sebagai wanita terhormat di usia 82 dan dikuburkan pada 25 April 1782.

6. John Rackham - "Calico Jack"
















Calico Jack adalah seorang Kapten Bjak Laut Inggris yang beroperasi di Bahama pada awal abad 18.Jack terkenal karena kisahnya yang memiliki dua awak perempuan ( Maria Read dan kekasihnya Anne Bonny ) yang tidak biasa pada saat itu waktu dan menciptakan gambar bendera bajak laut yaitu kepala tengkorak dengan pedang bersilang ,kelak menjadi inspirasi untuk kisah bajak laut lainnya.

Calico Jack dan krunya pernah membajak "Kingston", sebuah kapal Jamaika dan akhirnya menjadi kapal andalan mereka.Kemudian dia menaklukan di beberapa daerah Hindia Barat, mengambil beberapa kapal-kapal besar di daerah Bermuda.



Namanya juga terkenal lewat kebringasannya dan menamakan kelompok bajak laut The Jolly Roger. Pada akhirnya Rackham dan krunya diserang oleh pasukan Kapten Jonathan Barnet, yang bekerja untuk Gubernur Jamaika. Sebagian besar kru Rackham tidak siap untuk berperang karena sedang mabuk. Kemudian, Anne dan Mary-lah yang melawan merek a. Namun Rackham kalah sehingga Rackham dan krunya dihukum gantung oleh Gubernur Jamaika.



Calico Jack juga dianggap sebagai inspirasi dari karakter Jack Sparow.Selain itu ia juga memiliki kapal pertama dari Jack Sparow, Black Pearl.

7. Olivier Levasseur - The Buzzard





















Olivier Levasseur, dengan nama panggilan La Buse atau Bouche (The Buzzard), julukan ini dikarenakan kecepatan dan kesenyapanya dalam menghabisi musuh2nya.Pada awalnya ia menjadi seorang perwira angkatan laut setelah menerima pendidikan militer.Setelah perang Spanyol (1701-1714) berakhir ia diperintahkan untuk pulang ke rumah dengan kapalnya, tetapi dia malah bergabung dengan Benjamin Hornigold yaitu sebuah organisasi bajak laut pada 1716. Levasseur membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang baik di atas kapal, meskipun dia memiliki bekas luka di satu mata yangmembatasi penglihatannya.Pada tahun 1720, salah satu matanya telah menjadi benar-benar buta sehingga ia mulai mengenakan penutup mata,yang mana di masa datang timbul dugaan jika setiap bajak laut identik menggunakan salah satu penutup mata.

Puncak kejayaannya adalah ketika ia merampas kapal milik portugis yaitu Galeon Nostra Senhora do Cabo yang berisikan penuh dengan barang berharga.
Harta-harta tersebut berisikan Rampasan perang terdiri dari emas dan perak, puluhan kotak-kotak emas, berlian, mutiara, sutra, seni dan benda-benda keagamaan dari Catarina Saint Cathedral di pulau Goa, termasuk Salib terbuat dari emas murni, berlian, rubi dan zamrud.

Ketika jarahan dibagi, masing-masing bajak laut menerima set idaknya £ 50.000 guinea emas (disesuaikan dengan inflasi untuk 2008: £ 7.500.000), serta masing masing mendapat 42 berlian.Kemudian Levasseur membagi sisa emas, perak, dan benda-benda lainnya, sedangkan Levasseur sendiri mengambil salib emas.

Pada akhirnya dia ditangkap dekat Fort Dauphin , Madagaskar.Dia kemudian dibawa ke Saint-Denis, Réunion dan digantung untuk tuduhan pembajakan.Legenda mengatakan, bahwa ketika ia berdiri di tiang gantungan, ia memakaikalung di lehernya,yang berisi kriptogram dengan17 baris, dan melemparkannya dalam kerumunanpenonton sambil berseru

"Carilah hartaku, bagi kamu yang mungkin mengerti.!!"

Perkataanya itu membuat banyak orang orang berebut mencarinya yang beranggapan jika Levasseur menyembunyikan hartanya di suatu tempat.Dan pada kalungnya tersebut terdapat huruf-huruf kriptogram yang mungkin dapat menunjuk an lokasi dimana harta karun itu disembunyikan. Sampai saat ini huruf-huruf kriptogram tersebut belum terpecahkan.

Inilah Kriptogram dari Levasseur Olivier
























Mungkin di Indonesia,sandi ini di pakai untuk kegiatan pramuka dan lebih dikenal dengan sandi kotak.

11 komentar:

kisah abu nawas mengatakan...

wah kriptogram ini rumit sekali sob aku tak mengerti hehe

admin mengatakan...

wah,jangan2 gak pernah ikut pramuka ya???hahaha

kisah abu nawas mengatakan...

dengan berkembangnya waktu profesi bajak laut ini makin memudar sob ya

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

walah senang baca artikelnya sob, jadi banyak tahu mengenai bajak laut ...

about adsense mengatakan...

Sebagai penggemar setia One Piece, ternyata ada banyak kisah yang mirip ama Bajak laut yang diambil dari Sini... :)
Oliver Levauset = Gold D Roger,
Edward Teach = Edward D Teach (Kurohige)
William Kid = Eustas Kid
Bartholomew Roberts = Bartholomew Kuma.

Maksa ya mirip"in Nya......

admin mengatakan...

yap..benar sekali,pengarang dari one peace sendiri..mengatakan jika dia terinspirasi dari cerita bajak laut di atas.
Satu lagi Hendry Morgan sama dengan Shirohige yang dalam ceritanya dia memiliki 2000 awak kapal dan 16 divisi

hampir mirip kan?

Anonim mengatakan...

tp gan gol D Roger tu siapa aslinya??? gw cari di google ga da gambarnya??

Anonim mengatakan...

iya.... ko ga da gol d roger yg aslinya???

admin mengatakan...

kalo teliti bacanya pasti tau...gold d roger mirip siapa dari bajak laut di atas

Alharistm mengatakan...

Bro numpng Copast y...... :c:

admin mengatakan...

oke.silahkan

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...