Selasa, 03 Agustus 2010

Ayo Bersepeda

Sepeda...
Bukan hal asing lagi dalam kehidupan kita..Transportasi roda dua ini sangat akrab dengan semua kalangan.Dari mulai anak-anak,remaja hingga orang tua pula.

Namun ada sedikit pendapat saya tentang sepeda yang akan saya utarakan...
Sepertinya keberadaan sepeda kini mulai hilang dalam kalangan masyarakat.Apakah karena akibat mulai maraknya transportasi bermotor?? Sepertinya memang tak dipungkiri salah satu faktor tersebut penyebab berkurangnya keberadaan sepeda.Kendaraan bermotor pun kini mulai mudah didapat dengan harga yang mulai terjangkau dengan adanya sistim pembayaran kredit.

Banyak dari kalangan masyarakat kini lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor.Alasan utamanya karena lebih praktis dan hemat...dalam waktu maupun tenaga.
Memang alasan tersebut masuk akal dalam suatu kondisi tertentu saja..alasan lain adalah karena malas menggunakan sepeda dan ada kepercayaan dalam masyarakat yang menganggap sepeda itu kuno atau ketinggalan jaman,ada pula sebagian masyarakat naik sepeda akan menurunkan derajat pengguna sepeda tersebut.

Pertama kali saya mendengar alasan tersebut memang terasa aneh...bagaimana seorang menghubungakan antara sepeda dengan derajat hidup??

Ada lagi yang mengatakan bahwa menggunakan sepeda mengakibatkan terlambat atau tidak tepat waktu sampai tujuan.Persepsi demikian saya kira salah..karena pengalaman saya naik sepeda pun tidak pernah terlambat datang sampai tujuan.Malah kebalikan dengan teman teman saya yang menggunakan kendaraan bermotor.
Pengguna sepeda seperti saya mungkin bisa mengira-ira jarak tempuh serta waktu yang dibutuhkan dari rumah sampai tujuan dan juga kecepatan kita mengayuh sepeda.
Pengalaman menggunakan sepeda dari rumah sampai sekolah,saya berangkat 30menit sebelum jam masuk ditutup(06.30)perjalanan kurang lebih memakan waktu 20 menit atau 15 menit(kalau ngebut,hehehe).Saya masih punya 10 menit untuk bercanda atau ngbrol dengan teman-teman di sekolah.
Nah bagaimana dengan teman saya yang menggunakan kendaraan bermotor??mereka berangkat 8-10menit sebelum jam masuk,dan tak jarang mereka terlambat,padahal jarak rumah mereka pun sama dengan rumah saya bahkan ada yang lebih dekat.

Ada faktor menyepelekan juga jika menggunakan kendaraan bermotor.Kita berfikir bisa dengan mudah mengatur kecepatan kendaraan kita(ngebut) untuk sampai tujuan,bukan kah dengan begitu juga berisiko terjadinya kecelakaan??

Sepeda selain mudah digunakan juga tak membutuhkan ruang yang banyak di jalan-jalan umum..paling tidak dengan menggunakan sepeda kita ikut mengurangi kepadatan kendaraan di jalana,terutama di kota-kota besar.
Dengan bersepeda kita juga melakukan olah raga,terutama persambungan lutut,lengan tangan,juga jantung.
Dengan bersepeda kita juga ikut mengurangi polusi udara..

Mari kita Bersepeda.....

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...