Kamis, 30 Juni 2011

5 Mitos Menyesatkan Soal Makanan

 Gula Menyebabkan Diabetes


Jika para sobat blogger penderita diabetes, perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah. Bila bukan diabetesi, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, makanan tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan tak pernah olahraga adalah faktor risiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.

Semua Lemak Buruk


Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan berat badan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-hari. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.

Turunkan Kolesterol dengan Pantang Seafood


Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydrogenated.

Hindari Karbohidrat agar Berat Badan Cepat Turun

Pesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun, membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan karbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat untuk energi, dengan melepaskan air. Itulah sebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.

Tidak Makan Malam Membantu Menurunkan Berat Badan


Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tak makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.

5 komentar:

Farixsantips mengatakan...

Kurasa saya akan patuh larangan larangan tersebut :D

vheytha mengatakan...

Mampir keblog pagi2 :) lama tak kunjung

Tukang Pos mengatakan...

Kadang kala pengertian-pengertian nutrisi memang membingungkan dan sering membuat salah pengertian. Apapun bentuknya sebenarnya satu hal yang terpenting adalah takaran yang ideal. dan setiap orang mempunyai takaran yang berbeda-beda. Nah! Bingung lagi dah..

Liandri eko mengatakan...

saya sendiri juga bingung sama masalah ini, padahal saya dah teratur makan tapi masih kurus juga padahal porsi makanan sudah saya tambah tapi tetep gak ada perubahan. apa mungkin ini karna faktor gen saya gak bisa gemuk.

Menul mengatakan...

Bener tuh, penyebab diabetes bukan gula tapi pemanis buatan, soda, dan makanan tinggi lemak dan kalori. Coba aja minum coca cola atau fanta tiap hari selama setahun, dijamin hari tua bakal kena diabetes.

Poskan Komentar

Tinggalkanlah sedikit komentar..karena akan sangat berkesan bagi saya,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...